STRATEGI PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP

  • Cholilul Chahayati Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep
  • Sutrisno Sutrisno Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep
  • Dedi Falahuddin Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep

Abstract

Banyak rumah di kawasan ini yang tidak memiliki fasilitas sanitasi yang layak, utamanya masalah pengelolaan air limbah domestik. Kondisi permukiman yang berada dikawasan pesisir, dimana banyak tambak yang di dekat rumah yang digunakan penduduk untuk keperluan buang air besar. Kondisi ini tentu saja berdampak sangat buruk terhadap lingkungan. Berbagai penyakit yang penyebarannya melalui media air (water borne disease) pernah diderita oleh warga, seperti penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), diare, typhus dan lain-lain. Pada tahun 2011, Puskesmas Kalianget mencatat sebanyak 462 kasus diare. Hal ini merupakan indikasi rendahnya kualitas lingkungan di Kecamatan Kalianget. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana sanitasi diperlukan penelitian untuk mendapatkan rumusan strategi pengelolaan air limbah domestik di Kecamatan Kalianget. Berdasarkan permasalahan di atas maka penelitian ini difokuskan pada strategi bagaimana upaya dalam pengelolaan air limbah domestik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian menggunakan studi kasus. Data sekunder dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan pengumpulan dokumen, data primer diperoleh melalui pengamatan lapangan (survey) dan penyebaran kuesioner. Aspek yang ditinjau dari penelitian ini adalah aspek teknis dan pemberdayaan masyarakat. Dari aspek teknis adalah tersusunnya suatu teknologi yang tepat dalam pengelolaan air limbah domestik. Sedangkan aspek pemberdayaan masyarakat adalah bagaimana meningkatkan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan air limbah domestik. Kata Kunci : air limbah domestik, diare, aspek teknis, aspek pemberdayaan masyarakat.

Author Biographies

Cholilul Chahayati, Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep
Prodi Teknik Sipil Fakultas TeknikUniversitas Wiraraja Sumenep
Sutrisno Sutrisno, Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep
Prodi Teknik Sipil Fakultas TeknikUniversitas Wiraraja Sumenep
Dedi Falahuddin, Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep
Prodi Teknik Sipil Fakultas TeknikUniversitas Wiraraja Sumenep

References

Winkler, M. A dan Chem, M. I, (1981) Biological Treatment of Waste Water, Ellis Horwood Limited, New York Qasim, S.R., (1986) Waste Water Treatment Plants, CBS Publishing Japan, LTD Metcalf & Eddy, Inc (1981), Wastewater Engineering : Collecting and Pumping Of WasteWater, McGraw Hill Book Company, New York
Departemen Pekerjaan Umum (2010), Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor:15 /PRT/M/2010 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Bidang Infrastruktur, Depatemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah (2003), Pedoman pengelolaan Air Limbah Perkotaan, Direktorat Jenderal Tata perkotaan dan Tata Perdesaan, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional (2003), SNI : 03-2398-2002 - Tata Cara Perencanaan Tangki Septik dengan Sistem Peresapan, Jakarta.
Badan Standarisasi Nasional (2003), SNI : 03-2399-2002 - Tata Cara Perencanaan Bangunan MCK Umum , Jakarta.
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah (2003), Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) Sebagai Alternatif Solusi Masalah Sanitasi Di Perkampungan Kumuh/Miskin/Padat Perkotaan, BORDA, Jakarta.
Departemen Dalam Negeri (2005), Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2005 Tentang Dana Perimbangan, Depdagri, Jakarta.
Published
2013-10-01
Abstract viewed = 141 times
PDF downloaded = 162 times