Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Jurnal ilmiah MITSU (Media Informasi Teknik Sipil Universitas Wiraraja) terbit dengan frekuensi 2 (dua) kali setahun setiap bulan april dan oktober. Jurnal ilmiah MITSU dengan p-ISSN No. 2339-0719 dan e-ISSN No. 2685-9173. Jurnal ilmiah MITSU dicetak dari artikel-artikel yang dikirim ke Redaksi Jurnal ilmiah MITSU setelah melalui proses review oleh Dewan Redaksi dan/atau Mitra Bestari. Setiap artikel yang dikirimkan harus terbebas dari unsur plagiarsm maupu autoplagiarsm.

Proses submitted /pendaftaran artikel dan proses telaah artikel dikerjakan secara online. Pada saat ini Jurnal ilmiah MITSU telah diindeks oleh beberapa mesin indexing seperti : Google schooler, Crossref, dan PKP|Index.

Petunjuk Umum
Artikel harus ditulis pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm). Artikel ditulis tanpa nomor halaman dan disusun dengan urut-urutan topik bahasan: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar Pustaka. Abstrak dan Judul ditulis dalam 2 (dua) bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Petunjuk Penulisan
Penulis dapat juga mengunduh template dari Jurnal Ilmiah MITSU. Artikel diawali dengan judul artikel dengan font 12 pt bold format UPPER CASE. Nama penulis ditulis di bawah judul dengan format Title Case font 12 pt bold. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik. Apostrop ditulis di belakang nama penulis dengan format superscript. Nama lembaga (institusi asal dan e-mail) ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman dengan format Title Case, 12 pt dan di italic. Jika penulis lebih dari satu, hendaknya ditulis email untuk penulis korespondensi (corresponding author). Judul artikel, nama penulis dan nama lembaga ditulis rata tengah. Jarak antara judul dengan nama penulis adalah 1 spasi dan jarak antara nama penulis dengan nama lembaga adalah 1 spasi.

Judul abstrak ditulis rata tengah dengan font 12 pt bold format UPPER CASE. Jarak antara judul abstrak dengan nama lembaga adalah 2 spasi (12 pt). Jarak antara teks abstrak dengan judul abstrak adalah 1 spasi (12 pt). Abstrak ditulis dengan huruf miring (Italic) sepanjang 150-200 kata, dengan margin kiri 55 mm dan margin kanan 40 mm. Kata kunci ditulis di bawah teks abstrak, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma. Judul kata kunci ditulis dengan format regular dengan font 12 pt bold, kata kunci tidak boleh lebih dari 5 kata.

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika artikel dalam bahasa Indonesia, maka pada abstrak bahasa Inggris dituliskan judul dalam bahasa Inggris. Jika artikel dalam bahasa Inggris, maka pada abstrak bahasa Indonesia dituliskan judul dalam bahasa Indonesia. Judul dalam abstrak ditulis sebelum isi abstrak dengan format UPPER CASE Bold.

Isi artikel ditulis dengan format margin kiri 30 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 25 mm dan margin atas 25 mm. Jarak header dari tepi kertas adalah 20 mm, dan jarak footer dari tepi kertas (edge) adalah 20 mm. Artikel diketik dalam program MS Word dengan jenis huruf Times New Roman dengan font 12 pt, 1 spasi dan dalam format dua kolom. Setiap artikel terdiri atas maksimum 10 halaman (termasuk gambar dan tabel) dan ditulis justified. Penulisan paragraf di tepi kiri baris dengan jarak peralihan paragraf baru 12 pt (awal paragraf menjorok ke dalam dengan jarak 1 cm).

Sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format UPPER CASE dan disusun rata kiri dengan nomor dan di bold. Sub sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Title Case dan disusun rata kiri dengan nomor dan di bold. Sub sub sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Sentence case dan disusun rata kiri dengan nomor dan di bold.

Gambar dan Tabel diletakkan di dalam kelompok teks, diberi keterangan dan rata tengah (center text). Gambar dan tabel diikuti dengan judul gambar yang diletakkan di bawah gambar yang bersangkutan dan judul tabel yang diletakkan di atas tabel yang bersangkutan. Judul gambar dan judul tabel diberi nomor urut. Gambar dijamin dapat tercetak dengan jelas walaupun diperkecil sampai 50%. Gambar atau diagram/skema sebaiknya diletakkan di antara kelompok teks. Gambar tidak dibingkai.

Persamaan ditulis rata tengah dan diberi nomor yang ditulis di dalam kurung. Nomor tersebut ditempatkan di akhir margin kanan dari kolomnya.

Daftar Pustaka disusun menurut abjad tanpa penomoran dan jarak antara daftar pustaka adalah 1 spasi (12 pt). Aturan penulisan yang digunakan adalah sebagai berikut :

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah/prosiding :
Sumin, L., Youguang, M.A., Chunying, Z., Shuhua, S., and Qing, H.E., (2009), The Effect of Hydrophobic Modification of Zeolites on CO2 Absorption Enhancement, Chinese Journal of Chemical Engineering, 17(1), pp. 36-41.

Pustaka yang berupa judul buku :
Fogler, H.S., (2006), Elements of Chemical Reaction Engineering, 4th, Prentice Hall International, Upper Sadle River, New Jersey,  pp. 47-93

Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi :
Djaeni, M., (2008), Energy Efficient Multistage Zeolite Drying for Heat Sensitive Products, PhD Thesis, Wageningen University, The Netherlands.

Pustaka yang berupa patent :
van Reis, R.D., (2006), Charged Filtration Membranes and Uses Therefore, US Patent 7,001,550.

Pustaka yang berupa HandBook :
Knothe, G., van Gerpen, J., and Krahl, J., (2005), The Biodiesel Hanbook, AOCS Press, Campaign, Illionis, USA, pp. 70-84

Mujumdar, A.S. and Hasan, M., (2006), Drying of Polymers in Handbook of Industrial Drying, editor A.S. Mujumdar, 3rd ed, Marcel Dekker, New York, pp. 954-978.

Pemuatan Artikel
Artikel dikirimkan /didaftarkan secara online dengan cara mengakses website dari Jurnal Ilmiah MITSU dengan alamat sebagai berikut https://ejournalwiraraja.com/index.php/FT/user/register. Setiap Penulis harus mempunyai users name dan kata kunci/Password untuk bisa mendaftarkan artikelnya. Data pada bagian Metadata harus diisi secara lengkap data semua Penulis. Setiap mendaftarkan artikelnya dapat dilengkapi dengan Surat Peryataan yang menyatakan bahwa artiel terbebas dari konflik dan plagiarism. Bagi calon Penulis yang belum bisa submitted secara online dapat menghubungi Redaksi melalaui jalur E-mail dengan alamat jurnalilmiahmitsu@gmail.com.

Setiap artikel akan dilakukan telaah oleh Dewan Redaksi dan/atau Mitra Bestari. Korespondensi akan ditujukan kepada penulis pertama. Penulis harus segera memperbaiki artikel sesuai petunjuk reviewer. Jika artikel telah dinyatakan diterima baik Major Revision maupun Minor Revision, maka Penulis harus segera memperbaiki artikel yang telah melalaui proses telaah.

Redaksi berhak menolak artikel yang dikirim apabila tidak relevan dengan focus and scope jurnal ilmiah MITSU, tidak up to date atau sudah pernah dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah lainnya.

Author juga wajib mengisi surat pernyataan sesuai template yang telah disediakan

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.