ANALISA PERBANDINGAN ALTERNATIF DESAIN DAN RAB MENGGUNAKAN STRUKTUR BAJA DENGAN BETON PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG ASRAMA PMY BAUCAU

  • Julistyana Tistogondo Universitas Narotama

Abstract

Perencanaan ulang struktur atasbaja dengan struktur atasbeton pada struktur pembangunan asrama PMY Baucau, ukuran denah yang terdiri dari 2 lantai dan tinggi gedung   ini bertujuan : 1.) untuk mendesain dimensi struktur atas seperti kolom, balok dan pelat, 2.) untuk menghitung beban rencana gravitasi dan seismik pada bangunan, 3.) untuk menentukan tulangan balok dan kolom dengan sistem rangka pemikul momen khusus (SRPMK) dan analisis struktur tersebut menggunakan SAP2000.V14, 4.) untuk membuat perbandingan RAB, guna mengetahui nilai ekonomis dari  kedua alternative struktur tersebut. Perhitungan struktur beton mengacu pada SNI 2847-2013, perhitungan gempa mengacu pada SNI 1726-2012 dan perhitungan RAB mengacu harga upah dan bahan dari Timor-Leste.

Dari hasil perhitungan struktur beton didapatkan dimensi-dimensi struktur beton diantaranya balok , ,dan , kolom , pelat lantai untuk lantai 1 dan  untuk lantai. Untukpondasididapatkanmenggunakan pondasiFoot Plate dengan ukuran kolom, dan ukuran pondasi. Hasil rencana anggaran biaya untuk kedua alternative strukturadalahsebagaiberikut :untuk alternative struktur atasbeton adalahdanuntuk alternative struktur atasbaja adalah .Berdasarkanhasil perhitungan alternative RAB kedua struktur tersebut didapatkanbahwa struktur atasbeton  lebih ekonomis dibandingkan struktur atasbaja.

 

Kata Kunci : Struktur Beton Bertulang, Perbandingan RAB Struktur Atas Alternative Baja dan Beton

Published
2019-10-24
Abstract viewed = 173 times
PDF downloaded = 114 times