“AC – CAST (ASPHALT CONCRETE PRECAST” LAPIS ASPAL BETON BERBASIS CETAK SEBAGAI INOVASI DALAM PENGERJAAN PERKERASAN LAPISAN PERMUKAAN JALAN PADA TIPE JALAN LOKAL

  • Subaidillah Fansuri Dosen Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja
  • Ach. Desmantri Rahmanto Dosen Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja
  • Mochammad Nauvan Indra Anugraha Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja
Keywords: Perkerasan, Laston, Pracetak

Abstract

Prasarana transportasi berupa jalan merupakan salah satu unsur pengembangan wilayah yang mengalami pengembangan yang sangat pesat. Perkerasan jalan merupakan lapisan perkerasan yang berfungsi memberikan pelayanan kepada sarana transportasi. Aspal beton (Laston) sebagai bahan untuk konstruksi jalan sudah lama dikenal dan digunakan secara luas dalam pembuatan jalan. Penerapan laston (Asphalt Concrete) dan Metode pengaspalan suatu permukaan jalan menggunakan campuran panas (Hot Mix) lebih banyak dilakukan pada tipe jalan dengan skala besar. Namun, untuk tipe jalan lokal terutama jalan seperti pedesaan dengan lebar jalanm minimal 2,5 meter tidak memungkinkan karena penggunaan alat berat yang kompleks pada saat pekerjan laston (Asphalt Concrete). Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain dan metode pelaksanaan dari laston (Asphalt Concrete) berbasis pracetak sehingga dapat digunakan secara umum dan solusi mengenai lapisan perkerasan permukaan jalan pada tipe jalan lokal serta menghitung besar biaya pada saat proses pembuatan dan pelaksanaan dari laston (Asphalt Concrete) berbasis cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimental atau percobaan mengenai proses pembuatan sampel dari laston atau AC – CAST (Asphalt Concrete Precast) dengan menghitung bahan bahan penyusunnya melalui perhitungan JMF (Job Mix Formula) sehingga didapat persen campuran dari bahan meterial penyusun laston berbasis cetak. Pengujian sampel dari laston atau AC – CAST (Asphalt Concrete Precast) yaitu uji marshall test untuk mengetahui sifat dari laston berbasis pracetak. Desain AC – CAST atau laston berbasis cetak yang dipakai yaitu 10 x 20 cm dengan ketebalan 6 cm. Kadar aspal optimum yang dihasilkan dari pengujian stabilitas dan flow dengan marshall test yaitu 6 %. AC – CAST memiliki nilai harga Rp  2.463,20 dan tiap m2 nya Rp  123.160,12. Metode pelaksanaan AC – CAST terdiri dari pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah dan pekerjaan lapisan permukaaan menggunakan AC – CAST.

References

Hardiyatmo, H. C. (2015). Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Mulyo, S. (2016). Kajian Eksperimental Panel Pracetak Perkerasan Aspal Buton Yang diperkuat dengan Geogrid. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil , 99 dar i 430.
Saodang, I. H. (2010). Geometrik Jalan. Bandung : NOVA
Saodang, I. H. (2005). Perancangan Perkerasan Jalan. Bandung : NOVA
Saodang, I. H. (2009). Struktur Dan Konstruksi Jalan Raya. Bandung : NOVA
Soehartono, I. (2015). Teknologi Aspal dan Penggunaannya Yogyakarta : ANDI Yogyakarta
Badan Standart Nasional. 1989. Standart Nasional Indonesia 03 – 1737 – 1989 Tata Cara Pelaksanaan Lapis Aspal Beton (Laston)Untuk Jalan Raya. Jakarta : BSN
Published
2019-04-24
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 139 times