PEMANFAATAN AIR HUJAN DALAM UPAYA MENGURANGI DAMPAK KRISIS AIR BERSIH DI DESA LANGSAR KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP

  • Dhani Andika Prayudi Dosen Program Studi Teknik Sipil,Universitas Wiraraja
  • Ach. Desmantri Rahmanto Dosen Program Studi Teknik Sipil,Universitas Wiraraja
Keywords: Pemanfaatan Air Hujan, Pasokan Air, Pengelolaan Sumber Daya Air

Abstract

Desa Langsar kecamatan Saronggi merupakan salah satu desa yang sering terjadi kekeringan dan kekurangan air bersih saat musim kemarau dari tahun ke tahun. Untuk itulah dibutuhkan manajemen bencana kekeringan dengan sistem manajemen air yang terpadu sehingga dapat tercipta keseimbangan dalam pemanfaatan air. Salah satu cara untuk mewujudkan gagasan tersebut adalah dengan menerapkan konsep sistem pemanfaatan air hujan (SPAH) di Dusun Cemmanis Desa Langsar. Peneliti mencoba untuk mengkaji secara mendalam terkait dengan tema manajemen bencana dengan metode pemanfaatan air hujan, dimulai dengan deskripsi dari pandangan terbuka dan data yang dikumpulkan dari literatur yang berkaitan dengan tema dan isu – isu sumber daya air di wilayah Desa Langsar, kemudian dilakukan analisis lebih lanjut dan kesimpulan yang diambil adalah terkait dengan aspek konservasi air dan pengelolaan sumber daya air untuk pasokan air di Desa Langsar Kecamatan Saronggi. Dari hasil perhitungan dengan data yang ada.,persentase (%) suplai air hujan yang terayani terhadap kebutuhan air bersih pada tahun 2018 sebesar 15% atau setara dengan 1.334 m3  dari total kebutuhan air bersih sebesar 8.672 m3 dengan  total jumlah luasan daerah tangkapan air hujan (atap rumah) yaitu sebesar 3.950 m2 dan pada tahun 2028 hanya mampu terlayani sebesar 15% atau setara dengan jumlah suplai air hujan sebesar 1.758 m3  dari total kebutuhan air bersih sebesar 11.388 m3 dengan  total jumlah luasan daerah tangkapan air hujan (atap rumah) untuk 10 tahun kedepan  yaitu sebesar 5.206 m2.

References

Ahli Lingkungan, “ Pemanenan Air Hujan (Rainwater Harvesting) ,” (online) (http://www.ahlilingkungan.com/rain-harvesting_Manfaat-rain-harvesting.php diakses 18 februari 2018).
Bambang Triatmodjo. 2010. “Hidrologi Terapan,” Yogyakarta : Beta Offset Yogyakarta.
Indah Ameliana Beza ,Yohanna Lilis H , Imam Suprayogi, “Kajian Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Di Pulau Kecil (Studi Kasus : Desa Concong Tengah Kecamatan Concong)”, FTEKNIK Volume 3 No. 1 Februari 2016 (online) (https://media.neliti.com/media/publications/189352-ID-kajian-pemanfaatan-air-hujan-sebagai-pem.pdf diakses 10 februari 2018).
P. Nugro Rahardjo,“Teknologi Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kepulauan Seribu Melalui Optimasi Pemanfaatan Penampungan Air Hujan,” Lingkungan, Vol.1 No. 3, Desember 2000 :195-205(online) (http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JTL/article/download/181/82 diakses 12 februari 2018).
Atik Wahyuni, Junianto, “ Analisa Kebutuhan Air Bersih Kota Batam Pada Tahun 2025,” (online) (http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/tapak/article diakses 09 Mei 2018).
Published
2018-10-22
Abstract viewed = 172 times
PDF downloaded = 117 times