STUDI PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA STRUKTUR ATAP PEMBANGUNAN GEDUNG ISLAMIC CENTER DI DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

  • Pujianto Pujianto Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Narotama Surabaya
  • Koespiadi Koespiadi Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Narotama Surabaya
Keywords: Value Engineering, Gedung, baja WF, baja ringan, efisiensi

Abstract

Rekayasa Nilai (Value Engineering) adalah salah satu teknik untuk mengendalikan biaya yang memiliki potensi keberhasilan cukup besar, dengan menggunakan pendekatan analisa nilai terhadap fungsinya yang dilakukan dengan cara menekankan  pengurangan  biaya sejauh mungkin dengan tetap mempertahankan tingkat kualitas dan ketahanan sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji Faktor-faktor yang dapat berperan secara signifikan dalam mewujudkan efisensi rangka atap, Berapa besarnya penghematan yang dilakukan bila menerapkan Value engineering pada tahap perencanaan atap, dan Apakah penerapan studi Value Engineering pada proyek pembangunan dapat meningkatkan efisiensi dari segi biaya, waktu serta kualitas. Penelitian ini menggunakan metode analisis 7 tahap yaitu tahap informasi, tahap analisiss fungsional, tahap kreatif, tahap evaluasi, tahap pengembangan, tahap penulisan dan tahap presentasi. Penerapan Value Engineering ini dilakukan pada konstruksi rangka atap baja WF diganti dengan baja ringan (galvalum). Setelah melalui analisis dengan tujuh tahap diatas maka didapatkan hasil perhitungan dari biaya awal sebesar Rp.5.199.091.117,14 dan biaya setelah dilakukan Value Engineering adalah sebesar Rp.4.850.834.967,94 maka penghematannya sebesar Rp.348.256.149,21 atau sekitar  6,7%.

References

Amidarmo, (2017). Penerapan Value Engineering Pada Proyek Pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon Tower Venetian Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.
Berawi, M. Ali., (2014). Aplikasi Value Engineering Pada Industri Konstruksi Bangunan Gedung. Penerbit Universitas Indonesia UI-Press: Jakarta.
Bertolini et. al., (2015). Aplikasi Value Engieering Pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus Hotel Grand Banjarmasin). Jurnal Teknik Sipil. Surabaya.
Choliq Dan Indryani, (2015). Penerapan Rekayasa Nilai Pada Proyek Pembangunan Hotel Ciputra World di Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.
Dell’Isola, (1975). Value Engineering in The Construction Industry. Nostrand Reinhold Company. New York.
Dinas Pekerjaan Umum, (2016). Data Rencana Anggaran Biaya dan Gambar Design. Kabupaten Gresik.
James, (2014). E-Journal. Makassar: Universitas Teknologi. Sulawesi.
Keputusan Bupati Gresik, (2017). Standar Harga Satuan Barang / Jasa Konstruksi Semester II. Kabupaten Gresik.
Koespiadi. 2018. “The Influence of Scoring System Electronic Procurement on The Development of Construction Service in Indonesia”. ADRI International Journal of Civil Engineering 1 (1), 30-32 | vol: |
Manggala Dan Utomo, (2014). Penerapan Rekayasa Nilai Pada Proyek Pembangunan Rumah Tipe 39 di Perumahan Sapphire Park Regency Surabay.Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.
Sabrang, H., (1998). Value Engineering. Universitas Atmajaya. Yogyakarta.
Sindur, (2011). Struktur Baja. Bandung : Institut Teknologi. Bandung.
Soeharto, I., (2001). Manajemen Proyek. Jilid 2 edisi kedua.Erlangga. Jakarta.
Published
2018-10-22
Abstract viewed = 195 times
PDF downloaded = 129 times