ANALISIS PENJADWALAN ULANG MENGGUNAKAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) KARANGASEM

  • Putu Doddy Heka Ardana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai
  • I Wayan Sudiarsana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai
Keywords: Durasi, Penjadwalan Ulang, Optimal, Precedence Diagram Method, Time Schedule

Abstract

Merencanakan jadwal yang efektif merupakan tantangan dalam membuat penjadwalan menjadi lebih optimal. Pembangunan ruang kelas baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Karangasem menggunakan kurva-S sebagai dasar perencanaan penjadwalannya. Kemajuan proyek dapat dibandingkan dengan jadwal yang diinginkan namun informasi yang tersedia dan dapat disampaikan sangatlah terbatas sehingga diperlukan pendekatan alternatif untuk penjadwalan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui durasi optimal penyelesaian proyek Pembangunan Ruang Kelas Baru di MTsNĀ  Karangasem dengan mengunakan metode Precedence Diagram Method (PDM) yang dikomparasi dengan schedule rencana. Berdasakan hasil penjadwalan ulang menggunakan Precedence Diagram Method didapat durasi proyek lebih pendek dari time schedule rencana dan pelaksanaan proyek. Durasi yang dihasilkan dengan analisis PDM ini menjadi lebih cepat 8 hari yaitu 127 hari dan durasi proyek rencana yaitu 135 hari.

References

Aulia, S.S. (2021). Analisis Penjadwalan Proyek Gedung Menggunakan Metode Cpm-Pert (Critical Path Method-Program Evaluation And Review Technique). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Dannyanti, E. (2010). Optimalisasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Twin Tower Building Pasca Sarjana Undip). [Online]. Tersedia: http://eprints.undip.ac.id/26423/.
Frederika, A. (2010). Analisis Percepatan Pelaksanaan Dengan Menambah Jam Kerja Optimum Pada Proyek Konstruksi. Denpasar: Universitas Udayana Denpasar
Fikri et al., (2021). Analisa Penjadwalan Main Work Dengan Metode CPM dan PDM Pada Proyek Jalan Tol Tebing Tinggi-Parapat. Universitas Negeri Medan
Husen, Abrar. (2009). Manajemen Proyek (Perencanaan Penjadwalan dan Pengendalian Proyek). Yogyakarta: Andi
Hutagaol, J.D., dkk. (2013). Perbandingan Metode Critical Path Method (CPM), Precedence Diagram Method (PDM), dan Line of Balance (LOB) Terhadap Proyek Repetitif. Jurnal Karya Teknik Sipil Vol.2 No.1 , 1-23.
Nuciferani.FT, S Choiriyah, MFN Aulady., Purnamasari DE. (2021). Penjadwalan Precedence Diagram Metode Pada PT.Z. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
Priyambodo, W. (2022). Analisa Perbandingan Penjadwalan Proyek Kontruksi Dengan Critical Path Method (CPM) dan Precedence Diagram Method (PDM). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Setiawan, M.I. (2009). Rescheduling Waktu Pekerjaan Guna Optimasi
Biaya Pembangunan Rusunawa Siwalan Kerto Surabaya. Viewed 24
Oktober 2015, avaliabe from internet : rekayasa sipil. Ub.
Suherman, I.A. (2016). Analisa penjadwalan proyek menggunakan PDM dan Pert Serta Crash Project. Jurnal Teknik Industri Jurusan Teknik Industri Fakultas sains dan Teknologi, UIN Sulatan Syarif Kasim Riau. Vol. 2, No.1, 2016,31-43.
Saputro, D.T dan Ustanto (2015). Belajar Jaringan Komputer berbasis
Mikrotik OS, Gava Media, Yogyakarta.
Widiasanti, Irika dan Lenggogeni. (2013). Manajemen Konstruksi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2023-11-11
Abstract viewed = 47 times
PDF downloaded = 35 times