PENGGUNAAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN READING COMPREHESION DAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

  • achmad Andiriyanto

Abstract

Metode pembelajaran kooperatif bukan suatu yang  hal baru. Metode ini sudah bertahun-tahun digunakan para pendidik dalam berbagai bidang studi dan dalam berbagai jenjang pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Penggunaan metode kooperatif  diharapkan dapat memberikan variasi pembelajaran yang effektif dan dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam pembelajaran bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode STAD sebagai metode pembelajaran terutama dalam aspek pengembangan reading comprehension dan mengetahui tingkat motivasi siswa dengan menggunakan metode STAD. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan rancangan melalui empat tahap yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) refleksi serta menngunakan pre-test dan pos-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Team – Achievement Division (STAD) berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilan dinyatakan atas dasar kesimpulan bahwa penggunaan metode STAD memberikan dampak intruksional berupa; peningkatan kemampuan reading comprehension hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa dalam kegiatan kelas. Antara lain keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan guru, mengungkapkan pendapat serta bekerjasama dalam berdiskusi dan presentasi, serta ditunjukkan dengan hasil ketuntasan belajar siswa yang pada awalnya 30%, pos-test pada siklus I yaitu sebesar 63% dan  pos-test pada siklus II sebesar 95% hal ini bearti antara siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 32%. Hal ini menunjukkan indikator keberhasilan penelitian ini sudah terpenuhi dan penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar reading comprehension siswa.

References

Arikunto, Suharsini, 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Kagan S. and kagan M.1998. Multiple Intelegences: The Complete MI Book.
University of Virginia: Kagan Cooperative Learning.
Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto.(2004). Psikologi Pendidikan. Bandung:RosdaKarya
Nunan, D. (1991).Language teaching methodology: A textbook for teachers. Sydney:Prentice Hall International (UK) Ltd
Sardiman A.M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperatif learning Theory, Research, and Practice,
Second Edition. Noedham height: A. Simon and scuster Company.
……………… 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung:
Nusa Media.
Suyanto. 1997. Pedoman PelaksanaanPenelitian Tindakan Kelas (PTK)., Bagian satu. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (BP3GSD)
Widyantini. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 58 times