ANALISIS USAHA DAN KEPUASAN KONSUMEN KERIPIK PARU “IBU ALIM” DI KECAMATAN KOTA KABUPATEN SUMENEP

  • Purwati Ratna Wahyuni Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja Sumenep
  • Ratih Yuniastri ProdiTeknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja Sumenep
Keywords: Usaha keripik paru ibu Alim, Keuntungan, Efisiensi, Kepuasan

Abstract

Usaha keripik paru “Ibu Alim” tergolong usaha rumah tangga atau home industry yang umumnya masih dikelola dan dikerjakan sendiri, jadi usaha tersebut belum memperhitungkan biaya dan pengeluaran dengan baik dan benar. Salah satu indikator penilaian terhadap keberhasilan suatu usaha adalah konsumen. Kebebasan memilih produk olahan yang beredar di pasar berada di tangan para konsumen.Tingkat kepuasan konsumen terhadap hasil produksinya menjadi hal penting bagiseorang pengusaha. Pengusaha harus bisa meminimalisir beralihnya konsumen ke produk olahan lain yang merupakan pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui keuntungan dan efisiensi keripik paru “Ibu Alim”; 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, dan 3) menentukan faktor apakah yang pengaruhnya paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. \Metode analisis yang digunakan untuk menguji tujuan yang pertama yaitu dengan menggunakan analisis keuntungan dan efisiensi  sedangkan untuk menguji tujuan yang kedua dan ketiga adalah dengan pengukuran skala likert dan Analisis Regresi Linear Berganda (Multiple Regression model) serta uji f dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel bebas  terhadap variabel terikat secara parsial ataupun bersama terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan Hasil Analisis Pada Usaha keripik paru di Desa Pabian Kabupaten Sumenep, R/C rasio diperoleh pada usaha skala rumah tangga yang telah dijalankan sudah efisien. Sedangkan hasil analisis regresi berganda, faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah rasa, kerenyahan, keamanan (kehalalan), dan harga. Serta untuk analisis uji t, didapatkan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kerenyahan.

References

BPS. 2015. Kabupaten Sumenep dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep
Darmaji dan Hartadi. R. 2002. Analisis Prioritas Pengembangan sektor Agroindustri Unggulan dalam Perekonomian Jawa Timur. Dalam Agribisnis. (Januari). Vol VI. No. 1. Jember
Hayami Y, Kawagoe T, Morooka Y, Siregar M. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. Bogor : CPGRT Centre.
Amsari, H.P. 2010. Analisis Usaha pada Sentra Industri Kecil Kerupuk Rambak Berkualitas Sayur dari Kulit Kerbau di Kabupaten Boyolali. Skripsi Surakarta : Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Badan Pusat Statistik (BPS),2015. Tentang populasi ternak Kabupaten Sumenep 2015.
Badan Standarisasi Nasional (BSN),2016. SNI 01-4280-1996 Keripik paru sapi.http://sisni.bsn.go.id/index.php/sni_main/sni/detail_sni/472. diakses tanggal 05 Februari 2016.
Bungin, Burhan, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Engel, James F. , et al. 1994. Consumer Behavior. Diterjemahkan oleh F.X. Budiyanto. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Cetakan Pertama . Jilid II. Jakarta : Binarupa Aksara.
Fornel. 1992. “A National Customer Statisfaction Barometer ,“The Swedish Experience, Journal Marketing.
Ghozali, I. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV.Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Godam. 2016. Isi Kandungan Gizi Paru Goreng - Komposisi Nutrisi Bahan Makanan. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-paru-goreng-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html. diaksestanggal 29 Februari 2016.
Hani, Handoko. 1997. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Irawan D., Handi. 2002. SepuluhPrinsip Keputusan Pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta Elexmedia Komputindo.
Julita. 2001. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran 9e: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol Jilid 1. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Published
2018-11-29
Abstract viewed = 143 times
PDF downloaded = 461 times