KESIAPAN MASYARAKAT TERHADAP PERENCANAAN PENGEMBANGAN AGROWISATA JAMU RAMUAN MADURA DI KABUPATEN SUMENEP

  • Ika Fatmawati Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep
  • Arfinsyah Hafid A Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep
  • Sendy Ralistiya Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep
Keywords: Agrowisata jamu ramuan madura, kesiapan masyarakat, persepsi masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap perencanaan pengembangan Agrowisata Jamu Ramuan Madura di Kabupaten Sumenep dan (2) untuk mengetahui kesiapan masyarakat terhadap perencanaan pengembangan Agrowisata Jamu Ramuan Madura di Kabupaten Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di Desa Matanair Kecamatan Rubaru dengan pertimbangan berdasarkan penelitian sebelumnya (Fatmawati et al. (2012) dan Ralistiya et al. (2012) bahwa Desa Matanair merupakan daerah yang berpotensi untuk dikembangkan Agrowisata Jamu Ramuan Madura.  Hasil analisis menunjukkan bahwa masyarakat Desa Matanair siap terhadap perencanaan pengembangan Agrowisata Jamu Ramuan Madura walaupun perlu sosialisasi karena masih banyak yang belum mengetahui adanya perencanaan tersebut.

References

Deptan, 2005. Agrowisata Meningkatkan Pendapatan Petani. pada http://database.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2011.
Fatmawati, Anwari, Harun, dan Alwiyah. 2011. Model Pengembangan Agrowisata Jamu Ramuan Madura. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Wiraraja.
Ralistiya, S., Ditalina, R., dan Hidayat, A. 2012. Prospek Agrowisata “Taman Herbal” di Kabupaten Sumenep Untuk Menunjang Pariwisata Madura. Laporan Akhir PKMP. Universitas Wiraraja. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riduwan. 2007. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Utama, I Gusti Bagus Rai. 2010. Agrowisata sebagai Pariwisata Alternatif. didownload dari http:\\amikom.ac.id. Diakses pada tanggal 7 Desember 2012.
Published
2018-09-13
Abstract viewed = 79 times
PDF downloaded = 60 times