UJI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN AZOLLA SEBAGAI SUBSTITUSI PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI (Oryza sativa)

  • Arfinsyah Hafid A Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja Sumenep
  • Zasli Purwanto Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja Sumenep
Keywords: uji efektivitas, azolla, pupuk urea, pertumbuhan dan hasil tanaman padi (Oryza sativa)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh azolla sebagai substitusi dari pupuk urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi (Oryza sativa). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang tersusun secara faktorial yang terdiri dari faktor I berupa dosis Azolla, terdiri dari azolla 0 gram/m2 (A0), azolla 200 gram/m2 (A1) dan faktor II berupa dosis pupuk urea, terdiri dari urea 150 kg/ha (B1), urea 100 kg/ha (B2), urea 50 kg/ha (B3), urea 0 kg/ha (B4). Analisis yang digunakan adalah analisis ragam dengan menggunakan uji F, kemudian diuji dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) atau Uji Duncan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi yang nyata antara perlakuan azolla dengan pupuk urea terhadap semua variabel pengamatan. Perlakuan azolla juga tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel yang diamati. Pemberian urea 150 kg/ha merupakan perlakuan terbaik pada variabel jumlah anakan, jumlah malai, dan produksi per ha (GKP). Untuk variabel panjang malai, perlakuan terbaik adalah urea 50 kg/ha dan 100 kg/ha. Variabel jumlah gabah isi, perlakuan terbaik adalah urea 100 kg/ha.

References

Dewi, Intan Ratna. 2002. Pengaruh Kombinasi Konsentrasi Pupuk Hayati dengan Pupuk Organik Cair terhadap Kualitas dan Kuantias Hasil Tanaman Teh (Camellia sinensis (l.) O.kuntze) Klon Gambung 4. Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Unpad. Bandung.
Djojosuwito, Soedijono. 2004. Azolla. Pertanian Organik dan Multiguna. Kanisius. Yogyakarta.
Higa, T dan Wididana, G. N. 1993. Peranan Effective Microorganism 4 dalam Meningkatkan Kesuburan dan Produktivitas Tanah. International Kyusei Nature Farming. Jakarta.
http://blog.unila.ac.id/wasetiawan. Diakses Pada Tanggal 13 Mei 2010.
Sutanto, Rachman. 2002. Penerapan Pertanian Organik. Pemasyarakatan dan Pengembangannya. Kanisius. Yogyakarta.
Published
2018-09-12
Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 64 times