ANALISIS MORFOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN HIAS DI PEKARANGAN RUMAH KELURAHAN PAI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

  • Andi Adriani Wahditiya Universitas Pattimura
  • Nur Tasmiah Sirajuddin Universitas Pattimura
Keywords: Analisis Morfologi, Keanekaragaman Spesies, Tanaman Dekoratif, Perumahan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis morfologi dan keragaman jenis tanaman hias di tanah rumah yang terletak di empat RT (RT 1, RT 5, RT 6, dan RT 11) di Kelurahan Pai, Kota Makassar. Melalui survei awal, kami mengidentifikasi berbagai jenis tanaman hias di setiap RT, dan kemudian melakukan pengukuran morfologis yang mencakup ketinggian tanaman, bentuk daun, warna bunga, dan jumlah bunga. Selanjutnya, kami menghitung indeks keragaman untuk setiap RT untuk memahami tingkat variasi jenis tanaman. Hasilnya menunjukkan bahwa empat RT yang kami bicarakan memiliki perbedaan signifikan dalam hal keragaman jenis tanaman hias. RT 6 memiliki tingkat diversitas tertinggi, diikuti oleh RT 1, RT 5, dan RT 11. Ada variasi dalam parameter morfologi, seperti ketinggian tanaman dan warna bunga, juga diamati antara RT. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang keragaman tanaman hias yang kaya di Padang Pai dan dapat menjadi dasar untuk upaya konservasi dan rekomendasi kepada masyarakat dan pemangku kepentingan yang terkait dengan manajemen tanaman hiasan di pasar domestik.

References

Agromedia, R. (2007). Ensiklopedia Tanaman Hias. AgroMedia.
Andriansyah, S. N., Lovadi, I., & Linda, R. (2015). Keanekaragaman jenis tanaman pekarangan di desa Antibar kecamatan Mempawah Timur kabupaten Mempawah. Jurnal Protobiont, 4(1).
Kencana, I. P. (2008). Galeria Tanaman Hias Lanskap. Niaga Swadaya.
Leksono, A. S. (2010). Keanekaragaman hayati. Universitas Brawijaya Press.
Liunokas, A. B., & Billik, A. H. S. (2021). Karakteristik morfologi tumbuhan. Deepublish.
Rahayu, M. (2005). Keanekaragaman tanaman pekarangan dan pemanfaatannya di Desa Lampeapi, Pulau Wawoni –Sulawesi Tenggara. Jurnal Teknologi Lingkungan, 6(2).
Riastuti, R. D., Si, M. P., Febrianti, Y., & Si, M. P. (2021). Morfologi Tumbuhan Berbasis Lingkungan. Ahlimedia Book.
Sari, P. K., Rosanti, D., & Putri, Y. P. (2022). Karakteristik Tanaman Hias Pekarangan Rumah di Kelurahan Plaju Ulu Kota Palembang. Indobiosains, 15–21.
Published
2023-11-24
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 64 times