POTENSI LAHAN TANAMAN KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN LOBU KABUPATEN BANGGAI

  • Lani Pelia Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Sariani Sariani Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Ilham Ladonu Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Wisnu Simayang Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan Kabupaten Banggai
Keywords: Lahan, Kopi Robusta, Kecamatan Lobu

Abstract

Tanaman Kopi saat ini merupakan komoditas tanaman perkebunan yang diharapkan dapat dilakukan alternatif manajemen praktis yang tepat dikalangan petani, sehingga pengembangan tanaman kopi robusta (Coffea robusta L) harus berdasarkan potensi lahan yang diestimasi melalui sifat dan karakternya. Sehingga perlunya mengetahui kesesuaian lahan, luasan dan factor pembatas dalam pengembangan tanaman kopi robusta di Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Penelitian ini menggunakan atas dasar nilai ciri lahan merujuk pada sistem klsifikasi FAO (1976). Hasil penelitian menunjukkan pada kesesuaian lahan aktual tanaman kopi robusta Kecamatan Lobu diperoleh pada titik 1, 2, 3 dan 4 tergolong “tidak sesuai”, hal ini karena adanya factor pembatas tekstur (titik 1) dan curah hujan (titik 1,2,3 dan 4) yang tergolong rendah. Maka perlunya upaya perbaiakan dengan melakukan pembuatan saluran irigasi agar air dapat memenuhi kebutuhan tanaman kopi robusta (Coffea robusta L), akan tetapi untuk factor pembatas tekstur tidak dapat dilakukan perbaikan. Sehingga diperoleh potensial lahan tanaman kopi robusta Kecamatan Lobu pada titik 1 yaitu tidak sesuai (N), pada titik 2, 3 dan 4 tergolong S3 (sesuai marginal). Dengan mempertimbangkan faktor pembatas dan upaya perbaiakn maka, arahan untuk pengembangan tanaman kopi robusta (Coffea robusta L) dapat dilakukan pada wilayah titik 2, 3 dan 4 dengan luas yaitu 3.137,12 ha.

References

FAO. 1976. A Framework for Land Evaluation. Soil Resources Management and Conservation Service Land and Water Development Division. FAO Soil Bulletin No. 32. FAO-UNO, Rome.
Hardjowigeno, S. Dan Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan Dan Perencanaan Tataguna Lahan. UGM Press.
Imanudin, M. S., Madjid, A., & Armanto, E. (2020). Kajian Faktor Pembatas dan Rekomendasi Perbaikan Lahan untuk Budidaya Jagung di Lahan Rawa Pasang Surut Tipologi C. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan, 22(2), 46-55.
Kartiana, H., Hodiyah, I., & Yulianto, Y. (2021). Evaluasi Kesesuaian Lahan Kering Untuk Tanaman Kedelai (Glycine Max. L.) Di Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya. JA-CROPS (Journal of Agrotechnology and Crops Science), 1(1).
Katili, H. A. (2021). Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Kelapa Babasal (Cocos nucifera) Di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. Agrifor: Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan, 20(1), 153-160.
Katili, H. A., & Sari, N. M. (2021). Keseuaian Lahan Untuk Pengembangan Padi Varietas Ranta Dan Habo Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. Jurnal Pertanian Cemara, 18(2), 38-45.
Mubekti 2012. Evaluasi Karakterisasi dan Kesesuaian Lahan Untuk Komoditas Unggulan Perkebunan: Studi Kasus Kabupaten Kampar. Jurnal Teknik Lingungan 13 (1): 37-46
Qomaruddin, Q., Sukmono, A., & Nugraha, A. L. (2018). Analisis kesesuaian lahan komoditas kehutanan dan perkebunan di wilayah kabupaten banjarnegara dengan metode matching. Jurnal Geodesi Undip, 7(1), 1-13.
Riswanto, M., Sataral, M., Yatim, H., & Katili, H. A. (2020). Kelas Kesesuaian Lahan untuk Pengembangan Tanaman vanili di Kecamatan Balantak Kabupaten Banggai. Jurnal Pertanian Cemara, 17(2), 66-74.
Ritung, S., K. Nugroho, A. Mulyani, dan E. Suryani. 2011. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian (Edisi Revisi). Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor. 168 hal.
Subagyono, K., Haryati, U., & Talaohu, S. H. (2004). Teknologi konservasi air pada pertanian lahan kering. Dalam: Kurnia U, Rachman A, Dariah A (Eds.). Teknologi Konservasi Tanah pada Lahan Kering Berlereng. Puslitbang Tanah dan Agroklimat, Badan Litbangtan, 151-188.
Wahyunto, Hikmatullah, E. Suryani, C. Tafakresnanto, S. Ritung, A. Mulyani, Sukarman, K. Nugroho, Y. Sulaeman, Y. Apriyana, Suciantini, A. Pramudia, Suparto, R.E. Subandiono, T. Sutriadi, D. Nursyamsi. 2016. Petunjuk Teknis Pedoman Penilaian Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Pertanian Strategis Tingkat Semi Detail Skala 1:50.000. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor. 37 hal.
Widayani, D. P., & Usodri, K. S. (2020). Kajian Kesesuaian Lahan Perkebunan Kopi Rakyat Kawasan Lereng Gunung Arjuna Kabupaten Malang. Agrinika: Jurnal Agroteknologi dan Agribisnis, 4(2), 108-118.
Published
2023-05-29
Abstract viewed = 34 times
PDF downloaded = 54 times