ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN "PENTOL KALANGAN"

  • Febri Eka Kurniasari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gumoyo Mumpuni Ningsih Universitas Muhammadiyah Malang
  • Istis Baroh Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Harga, Kualitas, Loyalitas, Pelayanan, Tempat

Abstract

Pentol merupakan makanan ringan/jajanan yang dimodifikasi dari makanan bakso yang memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Jajanan ini digemari oleh anak-anak dan orang dewasa. Pedagang pentol banyak dijumpai, dengan bermacam varian pentol dan trade mark/branding masing-masing penjual. Salah satunya “pentol kalangan” di Tulung Agung. Tujuan dari penelitian ini, pertama untuk menganalisis loyalitas konsumen terhadap “pentol kalangan”, kedua menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, tempat, dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada produk “pentol kalangan”di Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penentuan responden sebanyak 122 orang dilakukan dengan menggunakan metode accintdental sampling. Indikator yang digunakan untuk mengukur loyalitas konsumen adalah pembelian secara berulang, setia/kebal terhadap daya tarik pesaing, dan merekomendasikan pada konsumen lain. Pengaruh variabel kualitas produk, harga, tempat, dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen dianalisis dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan loyalitas konsumen pentol kalangan tergolong dalam loyalitas yang lemah (inersia). Pengaruh hasil uji simultan kualitas produk, harga, tempat, dan pelayanan berpengaruh signifikan, secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan, harga berpengaruh positif dan signifikan, tempat berpengaruh negatif dan pelayanan tidak berpengaruh.

References

Agung, I. G., Sri, K., & Oktavenia, Kadek Ayu Riska. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud.8(3), 1374–1400.

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) ( Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo ). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1–7.

Dharmmesta, Basu Swastha. (1999). Loyalitas Pelanggan : Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia.Vol.14, No.3.

Hadi, Y. M. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Air Mineral Dzakya. Institut Agama Islam Negeri Surakarta 2018.

Hartanto, Anthony Dan Farnsisca Andreani. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di De Mandailing Café Surabaya. Jurnal AGORA.Vol.7, No.1.

Ibrahim, Jabal Tarik. (2020). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Malang : UMM Press

Novandy, M. I., & Rastini, N. M. (2018). Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus : Usaha Ekspedisi Tiki Di Kota Denpasar ) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali. E-Jurnal Manajemen Unud.. 7(1), 412–440.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (19th Ed.). Bandung: Alfabeta.

Syah, Y. (2018). Perancangan Sarana Penjualan Pentol Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Pedagang Dan Konsumen Pentol Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1), 659–681.

Yulianti, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan After Sales Service Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen PT. Frismed Hoslab Indonesia. Jurnal Ekobis Dewantara. 1(7), 173–180.
Published
2022-05-31
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times