ANALISIS FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER (Studi Kasus : Peternakan Ibu Sumilah di Desa Sido Rukun Kecamatan Margo Tabir Kabupaten Merangin)

  • Fikriman Fikriman Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muara Bungo
  • Wike Wahyuni Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muara Bungo
  • Asnawati Is Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muara Bungo
Keywords: Pendapatan, Analisis Finansial, Peternakan Ayam Broiler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan dan kelayakan usaha Peternakan Ibu Sumilah ditinjau dari aspek finansial melalui perhitungan Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR) dan Internal Rate of Return (IRR)”. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2018. Penelitian dilaksanakan di peternakan ayam broiler ibu Sumilah yang terletak di Desa Sido Rukun Kecamatan Margo Tabir Kabupaten Merangin, lokasi ini dipilih karena peternakan ayam broiler ibu Sumilah satu-satunya peternakan yang berdiri secara mandiri berdasarkan data dari penyuluh peternakan Kecamatan Margo Tabir. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Deskriptif kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Sebagai responden adalah pemilik peternakan ayam broiler beserta tenaga kerja yang ada di dalamnya. Data penelitian akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan selanjutnya disajikan dengan menggunakan model analisis pendapatan dan analisis finansial melalui pendekatan analisis proyek. .Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pendapatan yang diterima usaha peternakan ayam broiler ibu Sumilah di Desa Sido Rukun selama satu tahun atau 4 kali proses produksi didaerah penelitian adalah sebesar Rp 87.943.583, dan usaha peternakan ayam broiler ibu Sumilah di desa Sido Rukun Kecamatan Margo Tabir layak untuk dikembangkan secara finansial jika dilihat dari nilai BCR >1, nilai NPV >1 dan nilai IRR > suku bunga pinjaman.

References

Dinas Peternakan Kabupaten Merangin. 2017. Perkembangan Populasi Ternak Ayam Broiler Tahun 2015-2017, Merangin : Dinas Peternakan Kabupaten Merangin.
Fatah, 1994. Evaluasi Proyek Aspek Finansial pada proyek Mikro. C. V. Asona.Jakarta.
Noor, J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Nurmalina, R., T. Sarianti dan A. Karyadi. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Departemen Agribisnis FEM IPB. Bogor.
Pemerintah Kecamatan Margo Tabir. 2017. Jumlah Penduduk Kecamatan Margo Tabir Tahun 2017, Merangin : Pemerintah Kecamatan Margo Tabir.
Pemerintah Kecamatan Margo Tabir. 2017. Penjualan Daging Ayam Broiler di Pasar Sumber Agung Kecamatan Margo Tabir Tahun 2017, Merangin : Pemerintah Kecamatan Margo Tabir.
Rahman, S. 2016. Perkembangan Ayam Pedaging di Indonesia. (https://kehidupanduniapeternakan.blogspot.com, di akses pada tanggal 23 Januari 2018).
Rasyaf, M. 2002. Manajemen Peternakan Ayam Broiler.Penebar Swadaya. Jakarta.
Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.
Sugiarto., T. Herlambang., Brastoro., R. Sudjana dan Kelana, S. 2005. Ekonomi Mikro Sebuah Kajian Komprehensif. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.
Syamsuddin, AR & Damiyanti, (2011). Metode Penelitian. Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-06-04
Abstract viewed = 0 times