PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS MERAH PRODUKSI KWT “KASIH IBU” DI KECAMATAN GULUK – GULUK KABUPATEN SUMENEP

  • Purwati Ratna Wahyuni Dosen Program Studi Agribisnis, Universitas Wiraraja
  • Henny Diana Wati Dosen Program Studi Agribisnis, Universitas Wiraraja
  • Nurul Latifah Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Universitas Wiraraja
Keywords: persepsi konsumen, keputusan pembelian, hubungan

Abstract

Berbicara tentang persepsi konsumen tentunya akan berbeda dan persepsi tersebut akan berkaitan langsung dengan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Dengan adanya KWT “Kasih Ibu” sebagai satu-satunya usaha beras merah yang ada di Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk, akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk mengonsumsi beras merah tersebut. Selain itu, akan banyak persepsi dari masyarakat atau konsumen terkait dengan beras merah yang menjadi makanan pokok atau keunggulannya dibandingkan dengan makanan pokok lainnya.Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sumenep dengan pertimbangan Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang memiliki keanekaragaman pangan seperti beras merah. Lokasi penelitian pada Kelompok Wanita Tani  (KWT) “Kasih Ibu” Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep. Lokasi diambil dengan alasan daerah tersebut merupakan sentra beras merah di Kabupaten Sumenep Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi konsumen terhadap beras merah dan menganalisis sejauh manakah hubungan antara persepsi dengan keputusan pembelian konsumen beras merah. Sehingga nantinya akan diketahui hubungan dari keseluruhan variabel persepsi konsumen dengan keputusan membeli oleh konsumen beras merah. Analysis of variance merupakan metode untuk menguji hubungan antara satu variabel dependen (skala metrik) dengan satu atau lebih variabel independen (skala nonmetrik dengan level lebih dari dua). Hubungan antara satu variabel dependen metric dan dua variabel independen nominal sering disebut dengan Two Ways Anova.ANOVA digunakan untuk mengetahui pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) dari variabel independen nominal (sering disebut faktor) terhadap variabel dependen metrik. Sedangkan  target luaran dalam penelitian ini yaitu bisa terpublikasi dalam jurnal cemara yang akan diterbitkan tahun 2020. Kemajuan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang dignifikan antara rasa, harga, ketersediaan produk dan manfaat kesehatan terhadap keputusan pembelian beras merah di KWT “Kasih Ibu” tersebut. Sedangkan status luaran yang ditargetkan tercapai.

References

Arief Rahendy dan Djawonto (2014).Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android. Jurnal Teknologi, 25 (3)
Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media
Djaali. 2008. Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama
Faizah, dkk.2016. Persepsi Masyarakat Tradisional Pulau Mandangin Kabupaten Sampang Terhadap Tanaman Mimba. Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic), Volume 2 No. 1 Agustus 2016.
Hurriyati, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, cetakan pertama, Penerbit : Alfabeta Bandung.
I Gede Teguh Esa Widhiarta dan I Made Wardana (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian I Phone di Denpasar. Jurnal Teknologi, 30 (1)
Indrasari, Siti Dewi dan Made Oka Adnyana. (2007a). Persepsi Produsen Terhadap Beras Merah AEK Sibundong Dalam Menciptakan Peluang Pasar. Apresiasi Hasil Penelitian Padi. ______. (2007b). Preferensi Konsumen Terhadap Beras Merah Sebagai Pangan Fungsional. Penelitian Pertanian Tanaman Pangan.
Kristamtini dan Heni Purwaningsih. (2009). Potensi Pengembangan Beras Merah Sebagai Plasma Nutfah Yogyakarta. Jurnal Litbang Pertanian, 28 (3).
Machfoedz, Mahmud, 2005, Pengantar Pemasaran Modern, cetakan pertama, Penerbit : UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Oktaviani, Fitri. 2015. Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Dan Kepentingan Tokoh Dalam Penyebaran Pengetahuan Tanaman Obat. Bogor: IPB.
Prananingrum. 2007. Etnobotani Tumbuhan Obat Tradisional di Kabupaten Malang Bagian Timur. Malang: UIN Malang
Sahlan, 2020. Program GLIP Sukses Berdayakan Poktan dan Kelompok Wanita Tani Beras Merah. Bangsa Online.Com. Diakses 21 Maret 2020.
Salusu, I, 2003, Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, penerbit : PT. Grasindo,Jakarta
Shaharudin, et al. 2010. The Relationship between Extrinsic Atributes of Product Quality with Brand Loyalty on Malaysia National Brand Scooter.Malaysia: McGraw Hill Inc.
Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama,Jakarta
Siti Hamidah dan Desi Anita (2013).Analisis Persepsi Citra, Desain, Fitur dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android. Jurnal Ekonomi, 29 (2)
Suardi, Didi. (2005). Potensi Beras Merah untuk Peningkatan Mutu Pangan. Jurnal Litbang
Pertanian, 24 (3).
Sundjoto dan Agus sofan Hadi (2012).Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Ekuitas Merek Susu Cair Dalam Kemasan “Frisian Flag”. Jurnal Teknologi, 40 (1)

Stevanus G.K. 2016.Persepsi Masyarakat Terhadap Tanaman Hidroponik di Desa Lotta Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa.Jurnal Agri-SosioEkonomi Unsrat, Volume 12 No. 2A Juli 2016.
Tjiptono, Fandy, 2006, Pemasaran Jasa, edisi pertama, cetakan kedua, penerbit : Bayumedia Publishing, Malang
Published
2021-06-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times