Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Cryptocurrency (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja Madura)

  • Moch. Darma Wahyu Ramadhani Universitas Wiraraja
  • very andrianingsih UNIVERSITAS WIRARAJA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa bagaimana pengetahuan, keuntungan, risiko, kemajuan teknologi, dan modal minimal memengaruhi minat investasi cryptocurrency. Mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Wiraraja Madura tahun 2019, 2020, dan 2021 adalah subjek penelitian ini. Studi ini adalah penelitian kausal komparatif dengan 100 siswa sebagai subjeknya. Metode sampel purposif digunakan untuk memilih sampel. Sebagai metode analisis data, regresi linear berganda digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam analisis yang dilakukan secara terpisah, variabel pengetahuan dan risiko secara signifikan memengaruhi minat mahasiswa untuk melakukan investasi di dalam cryptocurrency. Sebaliknya, variabel return, kemajuan teknologi, dan modal minimal tidak memengaruhi minat mahasiswa untuk melakukan investasi di dalam cryptocurrency. Pengetahuan, keuntungan, risiko, kemajuan teknologi, dan modal minimal semuanya berdampak positif.

 

References

Amrul, R., & Wardah, S. (2020). Pengaruh Modal Minimal, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal, 7(1).
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(1).
Purboyo, Zulfikar, R., Wicaksono, T. (2019). Pengaruh Aktifitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Resiko dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah Mahasiswa Uniska MAB, 7.
Sari, V., M., Putri, N., K., Arofah, T., Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa, 4, 88-107.
Tandelilin, E. (2010). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Wahyudi, Z., H. Ahmad, A., A., Mas’ud, R. (2021). Pengaruh Return, Risiko dan Harga Saham terhadap Minat Berinvestasi Anggota Galeri Investasi Syariah (GIS) UIN Mataram pada PT. Phintraco Securities, 10(1), 91-106.
Widati, S., Wulandari, E., Putriliawati, A. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Return Investasi Dan Resiko Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melakukan Investasi Di Pasar Modal, 1.
Liyatmiko, M., Z., Suparlinah, I., Faturokhman, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Analisis Risiko, Modal Minimal, Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa S1 FEB UJS.
Published
2024-06-28
Section
Articles
Abstract viewed = 17 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 16 times