THE SOUL OF MADURA : STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI 9

  • Dedy Arfiyanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja
  • Isnani Yuli Andini Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja

Abstract

Kehadiran wisata pantai 9 di Desa Bringsang Giligenting akan memberikan dampak secara langsung dari sisi ekonomi, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Upaya untuk memaksimalkan potensi wisata terus dilakukan dengan memaksimalkan pembangunan infrastruktur yang belum ada, meliputi transportrasi yang layak dan aman untuk menghubungkan antar pulau, listrik, air bersih dan fasilitas pendukung lainnya. Agar pariwisata bisa berkembang dengan baik dan juga bisa berkelanjutan di masa mendatang. Dilain sisi juga terus melakukan kajian terhadap semua sumber daya pendukungnya. Sumber daya alam, sumber daya budaya, dan sumber daya manusia. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu data sekunder. Alat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan diperlukan strategi untuk meningkatkan laju pertumbuhan kunjungan. Strategi pengembangan wisata pantai 9 yang terpenting adalah dengan pengembangan sarana dan prasarana yang berkualitas, seperti alat transportasi, media promosi, dan sumber daya manusia yang berkualitas dan pentingnya sinergi antara pemerintah, akademisi dan masyarakat dalam mengembangkan wisata pantai 9.

References

Ahmad Zacky Siradj. Bangun Pariwisata: Perspektif Pemikiran Pontjo Sutowo.. YCPI
La Ode Unga. Kartini. 2011. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kepulauan Banda. Tesis. Makassar. Program Studi perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin Makassar.
Oka A. Yoeti.1997 Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita. Jakarta
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Undang-undang NO 10 Tahun 2009 Tentang Pariwisata
Undang-undang No. 1 Tahun 2014 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau kecil
Arobiya. 2018. Dampak kunjungan wisata Pantai 9 terhadap pendapatan ekonomi masyarakat di Desa Bringsang Kecamatan Giligenting. Universitas Wiraraja.
Malia, dkk. 2018. Analisis Kontribusi Pantai 9 dalam Visit Sumenep 2018. Universitas Islam Madura.
Tapatfeto, dkk, 2018. Strategi Pengembangan Objek Wisata Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan (Studi Pada Objek Wisata Pantai Oetune Kabupaten TTS)
Arfiyanto, dkk. 2017. Pilihan Strategi Pengembangan Wisata Gili Labak Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep. Universitas Wiraraja.
Published
2021-11-30
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 1 times