Strategi Pengembangan UMKM (Studi Empiris pada UMKM Industri Pengolahan Makanan di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo)

  • M Trihudiyatmanto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords: Strategi bauran pemasaran, kualitas sumber daya manusia, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan akuntansi dan pengembangan UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran, kualitas sumber daya manusia, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan akuntansi terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha industri pengolahan makanan yang terdaftar di Dinas perindustrian perdagangan, koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobodi kecamatan Wonosobo yang tercantum 315 UMKM. Sampel dalam penelitian ini 76 pelaku usaha yang di dapat melalui teknik accidental sampling dan uji analisis model persamaan struktural (SEM) SmartPLS. Hasil menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran, kualitas sumber daya manusia, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Wonosobo

References

Asih, Retno. 2018. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Menggunakan Informasi Akuntansi (Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Industri Meubel di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali). Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Solo.
Aziz, Abidin Abdul. 2019. Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Sumber Daya Manusia dan Bauran Pemasaran Terhadap Pengembangan UMKM di Kecamatan
Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung.
Bhagas, Arva. 2016. Analisis Pengaruh Modal, Jumlah Tenaga Kerja, Teknologi dan Bantuan Pemerintah Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus UMKM di Kota Semarang). Universitas Diponegoro. Semarang.
Burhanuddin, Yusuf. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta. Rajawali Pers.
Fiddinilla, Annisa. 2017. Pengaruh Modal Sendiri Dan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Surakarta (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pasar Kliwon Surakarta).a
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss19. Semarang: Undip.
Hertita, Dini. 2018. Setiap Pembisnis Harus Punya Buku Ini!. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: salemba empat.
Karendra, Inggar Ariani. 2014. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Perkembangan Usaha Pada KPRI Pertaguna Kota Madiun. Jurnal Ekonomi Vol.2 No.2. Unipma.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran, terj. Hendra Teguh dkk.. Jakarta. PT. Indeks.
Kusumaningrum, Vivi Diah.2015. Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, dan Strategi Pemasaran terhadap Pengembangan UMKN di Desa Bendungrejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk.Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri.
Pamungkas, Hilmawan Arga, Amir Hidayatullah. 2019. Faktr Penentu Perkembangan UMKM Gerabah Kosongan Bantul Yogyakarta. Inovasi, 15 (1) 2019, 65-71. Universitas Ahmad Dahlan. Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pamungkas, Lutfi Meysa Adining. 2019. Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Perikanan di Kabupaten Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung.
Pariyem. 2019. Variabel Determinant Pengembangan UMKM ( Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Pasar Srondol. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Putri, ann Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar.
Riyantinin. 2017. Analisa Persepsi Nasabah dan Perkembangan UMKM Setelah Memperoleh Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus pada BPRS Binama Kota Semarang). Unimus. Semarang.
Rosita, Nita. 2019. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Di Wisata Pantai Pasir Putih Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Skripsi.
Santy, Juanita Aisanawati dan Raeni Dwi. 2016. Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan dan Modal Usaha Terhadap Pengembangan Usaha pada Sentra Tahu Cibuntu Bandung
Savitri, Febie Wulan. 2019. Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Strategi Pemasaran terhadap Pengembangan UMKM di Desa Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung.
Setyaningrum, Destiana Dkk. 2014. Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Budaya Perusahaan, Dan Usia Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris UKM Yang Menghasilkan Produk Unggulan Di Kabupaten Banyumas). Journal & Proceeding Universitas Jenderal Sudirman, Vol. 4 No.1, 2014 h. 19-20. Universitas Jenderal Sudirman.
Shalahudin, Iwab Dkk. 2018. Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan.Yogyakarta. Deepublish.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Spss. Edisi 1. Yogyakarta. Andi Yogyakarta.
Suryana, Yuyus, Kartib Bayu. 2011. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta. Kencana Prenanda Media Grup.
Tambunan, Formaida. 2019. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha dan Penggunaan Informasi Akuntansi sebagai Variabel Intervening (Kajian Empiris pada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal). Jurnal Ekonomi Islam, Volume IV No. 2 Juli - Desember 2019: 371 – 394. Universitas Sari Mutiara Indonesia. Udayana.
Wicaksono, Arief Luqman. 2015. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku usaha mikro kecil menengah tentang pentingnya pelaporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Universitas Jember. Jember.
Winardi. 2008. Entrepreneur & Entrepreneurship. Jakarta. Kencana
Wonosobo Dalam Angka 2016
Wonosobo Dalam Angka 2017
Published
2021-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times