ANALISIS STRATEGI CORPORATE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA MENDAFTAR DI PTS (STUDI PADA TIM PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS WIRARAJA)

  • Roos Yuliastina Dosen Prodi Ilmu Administrasi Publik
  • Ach. Andiriyanto Dosen Prodi Ilmu Administrasi Publik
Keywords: Strategi, corporate image, pengambilan keputusan, dan PT

Abstract

Setiap organisasi pasti memiliki tujuan, yaitu organisasi yang hadir dengan tujuan mencari keuntungan (profit oriented) maupun hadir sebagai organissai yang memiliki tujuan memberikan pelayan kepada publik (non-profit oriented). Begitu pula dengan Perguruan Tinggi, perguruan tinggi swasta maupaun perguruan tinggi pasti memiliki arah dan tujuan. PTS maupun PTN sebagai organisasi non- profit oriented sebagai organisasi berbasis sosial, Meskipun pada dasarnya kehadiran PTS adalah organisasi berbasis sosial yang identik dengan kegiatan non- profit oriented, jika dihadapkan dengan kepentingan mencari dan mengumpulkan calon peserta didik pada akhirnya tidak lepas dari kepentingan – kepentingan komersil. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana startegi PTS khususnya Universitas Wiraraja dalam membangun good coporate image dalam rangka mempertahankan citra positif untuk mempengaruhi calon mahasiswa agar bersedia memilih atau memutuskan berkuliah du Universitas ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun  hasil penelitian diketahui bahwa dalam kegiatan membangun good coorporate image, Universitas Wiraraja menggunakan empat kegiatan dalam mewujudkan citra positif organisasinya, diantaranya:   Menciptakan public understanding menciptakan Public Confidence, menciptakan Public Support, dan menciptakan Public Coorpooration. Empat komponen ini nyatanya berpengaruh terhadap pengambilan keputusan calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas Wiraraja, dengan ukuran indikator para mahasiswa memilih atas dasar (1) Pengalaman, (2) Fakta, dan (3) rasional, berdasarkan informasi yang diperoleh dari kegiatan sosialisi dan promosi kampus Wiraraja.

References

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations praktis. Bandung : Widya Padjajaran
Cresweel, John W. 2013. “Research Design, Penekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nesia, Andin. 2014. Dasar-dasar Humas.Yogyakarta : Graha Ilmu
Syamsi, Ibnu. 2000. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Online:
Perbedaan Perguruan Tinggi Swsata dengan Perguruan Tinggi Negeri. Online.http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/duniakampus/14/01/26/n000w8-ini-perbedaan-pts-dengan-ptn/. Diunduh tanggal 30 Maret 2017, pukul: 11.20.
Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi HELTS 2003 – 2010. Online. http://www.inherent-dikti.net/files/HELTS2003-2010B.pdf. Diunduh tanggal 30 Maret 2017, pukul : 12.00
Daftar Perguruan Tinggi Swsata Dan Negeri di Madura. Online. www.emadura.com. Diunduh tanggal 21 Mei 2017, pukul: 10.00
Published
2020-01-07