PERKEMBANGAN MUSLIM DI EROPA (WORLD CIVILIZATION VS LOCAL CULTURE) : KEBIJAKAN PEMERINTAH PERANCIS DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN MUSLIM

  • Nur Inna Alfiah

Abstract

Globalisasi merupakan sebuah fenomena yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan manusia. Dengan adanya globalisasi setiap perpindahan baik berupa barang ataupun peradaban menyebar dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain atau dari negara yang satu dengan negara lain. Dari globalisasi inilah kemudian kosmopolitanisme dapat tersebar dengan luas. Globalisasi kemudian memberikan dua dampak bagi kehidupan manusia, yaitu positif dan negatif. Sehingga kemudian dengan adanya globalisasi bergantung bagaimana individu, masyarakat, dan negara menyikapi fenomena globalisasi tersebut. Mudahnya penyebaran peradaban kemudian mendorong budaya dalam peradaban antar negara bertemu satu dengan yang lainnya. Pertemuan budaya-budaya  tersebut kemudian menimbulkan dua hal yaitu positif dan negatif, positif apabila kebudayaan yang dibawa dalam peradaban diterima dengan baik disutu negara, sedangkan negatif apabila budaya dalam peradaban ditolak dan dianggap sebagai suatu ancaman terhadap budaya yang asli dari wilayah tersebut yang kemudian memunculkan diskriminasi yang berujung pada terjadinya konflik.

References

European Pact on Immigration and Asylum, diakses di http://europa.eu/legislation_summaries/justice_freedom_security/free_movement_of_persons_asylum_immigration/jl0038_en.htm, 23 Juni 2013.
Gilles Kepel, Pergerakan Islam di Amerika dan Eropa, Yogyakarta: jendela, 2003.
Hasil penelitian, Pertumbuhan Penduduk Muslim 2 kali lebih cepat dari penduduk Non-muslim, diakses di http://www.muslim-menjawab.com/2012/06/hasil-penelitianpertumbuhan-penduduk.html, 24 Juni 2013.
Islam di Eropa: Jumlah Muallaf Di Perancis Semakin Meningkat, diakses di http://dunia-islam.pelitaonline.com/news/2013/02/05/islam-di-eropa-jumlah-muallaf-di-perancis-semakin-meningkat#.UcjrrNlhnoJ 25 Juni 2013.
Jessy Ismoyo, Islamphobia di Perancis : Identitas Imigran PerempuanMuslim Magribi, diakses di sosbud.kompasiana.com/2013/06/15/islamofobia-di-prancis-identitas-imigran-perempuan-muslim-maghribi-565330.html, 22 Juni 2013
Kaplan, Robert D. The Coming Anarchy, in The Coming Anarchy: Shattering the Dreams of the Post-Cold War. New York: Random House, 2000.
Lawrence E. Harrison, Samuel P Huntington, dkk, Kebangkitan Peran Budaya, LP3ES: Jakarta, 2006.
Pabottingi, Mochtar, Potret Politik Kaum Muslim di Perancis dan Kanada, Pustaka Pelajar : Yogyakarta ,2008.
Samuel P Huntington, Benturan Antar Peradaban, Yogyakarta: Penerbit Qalam, 2002.
Uni Eropa ingin Seragamnkan UU Imigrasi, diakses di http://www.dw.de/uni-eropa-ingin-seragamkan-uu-imigrasi/a-3422015, 23 Juni 2013
Abstract viewed = 397 times
PDF downloaded = 1591 times