KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS KAITANNYA DENGAN PENEGAKAN HUKUM

  • Suryaningsih Suryaningsih Dosen Fakultas Hukum Universitas Wisnuwardhana Malang
Keywords: Kesadaran Hukum, Penegakan Hukum, Lalu Lintas

Abstract

Ketertiban lalu lintas di jalan raya merupakan sesuatu hal yang sama – sama kita dambakan, karena akhir – akhir ini lalu lintas di jalan raya kenyataanya merupakan “the killing field”. Masalah lalu lintas semakin serius dan terus meningkat, hal ini dikarenakan kemajuan peradaban manusia serta kemajuan tehnologi yang demikian pesatnya. Kemajuan ini akan mendorong terbentuknya kota – kota besar, kota – kota metropolis dan mega polis yang tentu saja oleh suasana lalu lintas yang semakin rumit. Keadaan ini timbul bisa karena bermacam-macam alasan antara lain, bertambahnya jumlah kendaraan bermotor termasuk kondisi kendaraanya, kondisi jalan yang kurang memenuhi syarat misalnya jalan rusak atau kurang lebar, penerapan peraturan yang kurang menggigit kepada para pengguna jalan raya atau masyarakat, kurangnya kesadaran para pengemudi mematuhi peraturan lalu lintas dan rendahnya etika dalam berlalu lintas di jalan raya. Ada beberapa factor yang mempengaruhi kesadaran hukum berlalu lintas. Diantara factor itu factor manusialah yang paling menonjol sebagai penyebab terjadinya kecelakaan. Untuk mengurangi hal itu perlu peningkatan kesadaran hukum beralalu lintas, baik sebagai pengemudi maupun sebagai pejalan kaki. Disamping kesadaran hukum, penegakkan hukum juga sangat diperlukan untuk mewujudkan adanya tertib berlalu lintas di jalan raya.

References

Buku
Ari Purwadi, 1990, Pembentukan Sikap Patuh Warga Masyarakat kepada Peraturan Hukum Melalui Penyuluhan Hukum, (Majalah Fakultas Hukum Universitas Airlangga No; 2, tahun V, Maret, April, 1)
Benny Harman, 1993, Undang Undang dan Kepatuhan Masyarakat dalam Undang Undang Lalulintas dan Angkutan Jalan Aneka Pandangan dan Opini, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Esmi Warassih, 2005,Pranata Hukum Sebuah telaah Sosiologis, PT Suryandaru Utama, Semarang.
Marmosudhono Soekarton, 1982, Penegakan Hukum di Negara Pancasila, PT Pustaka Kartini, Jakarta.
Otje Salman dan Anthon F. Susanto, 2004, Beberapa Aspek Sosiologi Hukum, PT Alumni, Bandung.
Robert Palandeng,Hernowo Wibowo, Bien Pasaribu, 1993, Undang Undang Lalulintas dan Angkutan Jalan Aneka Pandangan dan Opini, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Satjipto Rahardjo, 2004, Sosiologi Hukum Perkembangan Metode dan Pilihan Masalah, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.
Satjipto Rahardjo, 2000, Ilmu Hukum, Citra Aditya Bakti Bandung
Sudikno Mertokusumo, 1999, Mengenal Hukum Suatu Pengantar, Liberty, Yogyakarta.
Suryono Soekanto, 1985, Kesadaran Hukum Dan Kepatuhan Hukum, Cv Rajawali, Jakarta.
Soerjono Soekanto, 1983, Faktor – factor yang Mempengaruhi Penegakkan Hukum, CV. Rajawali, Jakarta
Soetandyo Wignjosoebroto, 2002, Hukum Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya,ELSAM, Jakarta.
Published
2020-09-03
Section
Articles