PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY TEMPE “KERATON” DESA MONTORNA

  • Faisol Aziz Universitas Wiraraja
  • Insusmoko Adi Jansen Universitas Wiraraja
  • Mohammad Aliridla University of Wiraraja
Keywords: Pengembangan, Home Industry, Tempe

Abstract

Usaha tempe merupakan salah satu home industry yang mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang cukup besar. Penyerapan tenaga kerja umumnya terkait langsung pada bagian produksi, selanjutnya bagian penjualan. Penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak menjadi potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Home Industry tempe di Desa Montorna Kecamatan Pasongsongan selain berpotensi unuk dikembangkan, namun saat ini masih memiliki kelemahan dalam manajemen serta jumlah modal yang dimiliki, sehingga perlu adanya upaya perbaikan melalui strategi pengembangan agar dapat bersaing khususnya untuk mendapatkan pangsa pasar. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan berbagai pertimbangan tertentu bahwa perusahaan tersebut akan mampu bersaing dalam pangsa pasar dari segi produksinya. Sampel penelitian ditentukan secara sensus karena hanya ada satu populasi. Strategi pengembangan ditentukan dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Perusahaan Home Indusry tempe “keraton” di desa montorna kecamatan pasongsongan dapat di tarik kesimpulan bahwa strategi pengembangan usaha Home Indusry tempe, adalah strategi agresif yaitu meningkatkan manajemen serta jumlah dan kualitas produksi untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

References

Bernando, C., & Samosir, H. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C, 1(November), 1–14.
Fitri, R. (2013). Pengemasan dan Pelabelan. Biomaterials.
Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2018). Peningkatan Kualitas Produksi UKM Percetakan di Karangpilang Surabaya dan Krian Sidoarjo. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1200
Ling, A. (2013). PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( STUDI DESKRIPTIF PADA RUMAH MAKAN PALEM ASRI SURABAYA ). Jurnal AGORA, 1(1).
Manurung, R. DA, & Aryani, S. (2017). Pendampingan Psikologi Kesehatan Kerja POS Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Nelayan Tradisional Tanjung Peni Citangkil Cilegon. JAM Jurnal Abdi Masyarakat, J, 2(2), 1–6.
Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.
Rangkuti, Fredy. (2006). Riset Pemasaran. Gramedia: Jakarta
Riska, F. F., Primyastanto, M., & Abidin, Z. (2015). Strategi Pengembangan Usah Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) Pada Usaha Perseorangan “Toni Makmur” Di Kawasan Agropolitan Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal EEECSOFiM, 3(1), 48–54.
Wilandari, N. I. (2010). Penentuan Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian Berdasarkan Nilai Produksi Di Kabupaten Grobogan.
Published
2020-08-14