ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KECAP CAP IKAN TERBANG PT. SURYA MANDALA DI PASAR ANOM KECAMTAN KOTA SUMENEP

  • Rifatul Wahdah Universitas Wiraraja
  • Isdiantoni Isdiantoni Universitas Wiraraja
  • Purwati Ratna Wahyuni Universitas Wiraraja
Keywords: cap ikan terbang, kecap, konsumen, preferensi

Abstract

Produk kecap yang dipasarkan di Pasar Anom Kabupaten terdiri dari merk kecap lokal dan nasional. Ikan Terbang merupakan kecap lokal sehingga perlu adanya pembeda khas  untuk dapat bersaing di pasaran. Pembeda yang dimaksud sebagai upaya untuk memnuhi kebutuhan konsumen. Agar produk dapat bersaing maka mengetahui keinginan konsumen terhadap kecap. Tujuan Penelititan untuk mengetahui variabel kecap cap Ikan Terbang yang menjadi preferensi konsumen di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep, mengkaji hubungan yang signifikan antara variabel Rasa, Kemasan, Tempat, Harga, Ketahanan dengan kesukaan konsumen dalam membeli kecap cap Ikan Terbang di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu Toko Arif di Pasar Anom Kabupaten Sumenep dengan pertimbangan karena merupakan salah satu toko yang menjual kecap cap Ikan Terbang dan memiliki konsumen tetap kecap cap Ikan Terbang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling disukai oleh konsumen adalah rasa dan harga diikuti oleh variabel kemasan, tempat dan ketahanan. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa nilai X2hitung lebih besar daripada X2tabel yaitu 29,11 > 3,481 yang berarti H0 ditolah Ha diterima yang artinya ada hubungan antara kesukaan konsumen terhadap semua variabel kecap cap Ikan Terbang di Pasar Anom, dan hasil uji koefisien kontingensi menunjukkan nilai sebesar 0,59 ≠ 0 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kesukaan konsumen terhadap semua variabel kecap cap Ikan Terbang. Hasil uji skala likert akhir menunjukkan nilai 88,6% yang artinya berada dalam ketegori Sangat Suka.

References

Rochmawati, F.N., Riyanto, H.W Dan Nuraini, I. 2018. Hubungan Tingkat Pendidikan, Usia, Dan Pengalaman Keja Terhadap Pendapatan Pekerja Wanita Pada Industri Kerajinan Dompet Ida Collection Di Desa Pulo Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu Ekonomi (2) 3. 399-408.
Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandun: PT Remaja Roasdakarya.
Suryani. 2003. Perilaku Konsumen. Graha Ilmu: Jakarta.
Suliyanto. 2005. Analisis data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor : Ghaliah Indonesia.
Purnomo, S. 2014. Koefisien Korelasi Cramer Dan Koefisien Korelasi Phi Serta Penerapannya. Skripsi Fakultas Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/13463/1/SKRIPSI.pdf
Wardana, Agus Surya. 2013. Preferensi Konsumen Terhadap Kripik Singkong Mentega Khas Manding Kabupaten Sumenep. Skripsi Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja Sumenep.
Yoeti, Oka A. 2005. Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa: Jakarta.
Published
2020-04-29