PENERAPAN PENCATATAN AKUNTANSI DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM

  • Ananta Robbah Fikri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fitri Nuraini Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) digunakan oleh entitas mikro, kecil, dan menengah sebagai pedoman penyusunan laporan keuangan. Tujuan penggunaan SAK EMKM untuk memudahkan pelaku usaha EMKM dalam penyusunan laporan keuangan. UMKM Arta Express merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman paket atau barang ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM Arta Express. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan Arta Express belum sesuai SAK EMKM yang berlaku. Laporan keuangan Arta Express hanya pencatatan penerimaan pengeluaran kas dan laporan keuangan laba rugi. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman dalam penyusunan laporan keuangan yang baik serta SDM yang kurang memadai.

References

Agung, G. dan. (2018). Pengaruh Persepsi, Tingkat Pendidikan, dan Sosialisasi Terhadap Penerapan SAK EMKM Pada UMKM Wilayah Kota Surabaya. 12(2).
Amrizal Imawan, Ninik Mas’adah, Maya Safitri, F. A. F. (2023). Analisis Penerapan Akuntansi Berdasarkan SAK EMKM Pada UMKM Dwi Loundry. Sustainable Jurnal Akuntansi, 3(2), 247–261.
Anisa Kusumawardani, A. S. I. S. (2023). Analisis Penerapan SAK EMKM Pada Penyusunan Laporan Keuangan Toko Surya Anugrah Di Tenggarong. Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman, 8(4), 1–9. https://journal.feb.unmul.ac.id
Fitri Nuraini, A. (2023). Modul Pengantar Akuntansi I (Akuntansi Jasa) Berdasarkan SAK ETAP (1st ed.). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. PT Grasindo.
1. IAI. (2018). SAK EMKM. IAI.
Made Dana Saputra, I. M. A. P. (2020). Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada Jewelry S Celuk Sukawati. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 58–64.
Martani, D. (2014). Akuntansi Keuangan Menegah Berbasis PSAK. Salemba Empat.
Nida Auliana Umami, R. C. (2022). Penerapan SAK EMKM dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Super Sedap di Kabupaten Sukabumi. Co-Management, 4(3), 784–791.
Purwaji Agus, Wibowo, L. H. S. (2016). Pengantar Akuntansi 1 (2nd ed.). Penerbit Salemba Empat.
Rika Utari, Isnaini Harahap, M. S. (2022). Penerapan SAK EMKM Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Studi Kasus UMKM Di Kota Tanjungbalai. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 491–498.
Rochmad Judianto, Ismunawan, A. N. R. (2018). Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK-EMKM) Pada UKM Davin Decor Surakarta. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(02), 70–98.
Sasongko Catur,Mubarakah Quratul’ain, F. A. (2018). Akuntansi Suatu Pengantar (1st ed.). Salemba Empat.
Soemarso SR. (2020). Akuntansi Suatu Pengantar (6th ed.). Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendeketan Kuatitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Alfabeta.
Yanna Eka Pratiwi, Martinus Sony Erstiawan, Siwidyah Desi Lastianti, N. A. M. (2022). Implementasi SAK-EMKM Dalam Menyusun dan Mengelola Keuangan Pada UMKM Di Wonosalam. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 27(1), 45–51.
Published
2024-05-31
Abstract viewed = 62 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 34 times