IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI AMIL DALAM PENGELOLAAN ZAKAT PADA YAYASAN DANA SOSIAL AL-FALAH (YDSF) SIDOARJO

  • Rika Yuliastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Lani Regitha Cayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
Keywords: Implementasi Etika Profesi, Kinerja manajemen, Organisasi Amil Zakat

Abstract

Yayasan Dana Sosial Al-Falah Sidoarjo adalah sebuah lembaga amil yang berfungsi sebagai pengelola dana social dimana kerja utamanya adalah menyalurkan serta menerima dana yang didapat dari masyarakat. Dalam menjalankan fungsi tersebut telah melakukan beberapa upaya untuk lebih mengoptimalkan dalam mendapatkan informasi serta struktur sosial dan ekonomi masyarakat yang mengajukan dana bantuan pada lembaga. Strategi Implementasi penyaluran dana di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Sidoarjo ini memiliki beraneka cara yang dilakukan pihak lembaga sudah efektif, sebagaimana data informasi yang didapat  dalam mengolah bagian penyaluran dana bantuan adalah dengan penerima langsung atau bisa perwakilan terpercaya yang telah membantu mengajukan untuk penerimaan dana bantuan. Proses dalam pencairan dana bantuan benar-benar sangat diperhatikan diketahui untuk mendapat persetujuan penerimaan dana harus melawati proses survey tempat serta data yang diberikan. Dikarenakan dalam menghimpun dana zakat yang paling utama yaitu transparasi dan akuntabilitas, selain itu kurang maksimalnya pengumpulan dana zakat dapat disebabkan karena kesadaran diri dari orang-orang yang membayar zakat, kebijakan yang baik mendukung kepercayaan muzakki untuk menyalurkan zakatnya pada Organisasi Pengelola Zakat Yayasan Dana Sosial Al-Falah Sidoarjo.

References

Abdullah, S. (2003). Zakat Profesi. Jakarta: PT. Moyo Segoro Agung.
Atsarina, A. (2018). Analisis Penerapan Good Corporate Governance Pada Organisasi Pengelola Zakat.Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 4(2).
Rukiah, R., & DEDI, R. D. S. (2020). Manajemen Badan Amil Zakat Nasional Mandailing Natal Dalam Pengelolaan Zakat.Jibf Madina: Journal Islamic Banking and Finance, 1(1), 103-116.
Secowati, S. E. D. (2017). Budaya dan etika kerja Islami dalam membangun Islamic Branding pada Yayasan Dana Sosial Al Falah Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).
Published
2022-05-25
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 3 times