PRAKTIK AKUNTANSI PADA USAHA BONSAI CEMARA UDANG DI BATANG-BATANG

  • Inni Qutsiyah Universitas Wiraraja
  • Moh. Faisol Universitas Wiraraja
Keywords: Akuntansi Bonsai, Fenomenologi, UMKM

Abstract

Perusahaan yang berskala besar sudah tentu mempraktikkan akuntansi kaidah akuntansi yang berlaku. Hal itu belum tentu terjadi pada usaha-usaha perseorangan yang skala usahanya mikro, kecil dan menengah, seperti usaha bonsai yang dilakuakan oleh warga di Desa Dapenda Kecamatan Batang-Batang Sumenep. Fenomena yang terjadi, pengusaha bonsai sangatlah membutuhkan pencatatan akuntansi guna mengetahui keadaan keuangan usahanya secara detail mengingat penghasilan yang diperoleh cukup fantastis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik akuntansi pada usaha bonsai cemara udang yang merupakan sebuah usaha rumahan dengan skala mikro, kecil, dan menengah.Peneliti memilih paradigma interpretif dengan menggunakan studi fenomenologi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada dua orang informan yang merupakan pengusaha bonsai yang ada di Desa Dependa Kecamatan Batang-Batang.Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pengusaha bonsai cemaraudang tidak melakukan pencatatan akuntansi atas transaksi-transaksi yang terjadi pada usaha tersebut. Pengusaha bonsai masih belum memerlukan pencatatan akuntansi karena dianggap kurang efektif dan efisien. Hal ini justru dianggap akan ribet dan membutuhkan banyak waktu untuk melakukan pencatatan. Tanpa pencatatanpun, informasi mengenai keadaan keuangan dalam usahanya mudah diketahui hanya dengan berbekal ingatan, sehingga tanpa mencatat pengusaha bonsai cemara udang dapat mengetahui keuntungan dan kerugian.

References

Andarsari, P. R., & Dura, J. 2018. Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah ( Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang ). Jurnal JIBEKA, 12, 59–64.
Astutik, A. W. 2018. Fenomenologi Akuntansi Rumah Tangga: Studi kasus pada keluarga TNI-AD Kota Malang.
Baihaki, A., & Malia, E. 2018. Arisan Dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(3), 540–561.
Christie, A. A. 1990. Aggregation of Test statistics, An Evaluation of The Evidence on Contracting and Size Hypotheses. Journal of Accounting and Economics, 12.
Creswell, J. W. 2019. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (3rd ed.). Penerbit Pustaka Belajar
Deegan, C. 2004. Financial Accounting Theory. McGraw Hill.
Fikri, M. A., Karim, N. K., & Widyastuti, W. 2017. Akuntansi Pernikahan Di Pulau Lombok. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 15(2), 1.
Harrison, Walter T. Horngren, Charles T. Thomas, C. William Suwardy, T. 2012. Akuntansi Keuangan (8th ed.). Penerbit Erlangga.
Hery. 2017. Teori Akuntansi Pendekatan Konsep Dan Analisis. 1st ed. Jakarta: PT.Grasindo.
M Sadik, M. Sadik. 2018. Akuntansi Lovebird (Sebuah Studi Fenomenologi). Diss. Universitas Wiraraja.
Rahmah, L. (n.d.) 2016 . (Sebuah Studi Fenomenologi) ( a Phenomenology Study ). 62–70.
Sakri, Nurhidayah. 2018. Mengungkap Informasi Akuntansi Usaha Kecil (Sebuah Studi Fenomenologi). Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Samryn, L. . 2012. Pengantar Akuntasi: Mudah Membuat Jurnal dengan Pendekatan Siklus Transaksi-Edisi Revis. Rajawali Pers.
Savitri, R. V., & Saifudin. 2018. Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Umkm Mr. Pelangi Semarang). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis SDan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(2), 117–125.
Setijaningsih, H. T. 2012. Teori Akuntansi Positif dan Konsekuensi Ekonimo. Jurnal Akuntansi, XVI(03), 427–438.
SSSugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: PT Alfabet.
Sumarsan, Thomas, 2017. Perpajakan Indonesia, Jakarta: Indeks.
Weygandt, Jerry J and Kieso, Donald E and Kimmel, P. D. 2014. Accounting Principles Pengantar Akutansi (7th ed.). Salemba Empat, Jakarta.
Www.depkop.go.id
Published
2021-10-03
Abstract viewed = 0 times
.pdf downloaded = 0 times