KONSEP MATERIALITAS DALAM PERSPEKTIF AUDITOR INSPEKTORAT DAERAH (STUDI PADA INSPEKTORAT KABUPATEN SUMENEP)

  • Adhen Hendra Sukmana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja
  • Astri Furqani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja
Keywords: Materialitas, Standar Akuntansi Pemerintah, Inspektorat, LKPD

Abstract

Konsep materialitas menjadi hal yang penting dalam setiap proses reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Hal tersebut untuk memberikan keyakinan terbatas bahwa tidak ada perubahan atau modifikasi salah saji material yang dilakukan agar laporan keuangan tersebut sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep materialitas dalam perspektif auditor Inspektorat Sumenep. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif metode studi kasus deskriptif dengan objek penelitian di Inspektorat Kabupaten Sumenep. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah pengendali teknis ketua tim reviu LKPD, dikarenakan kedua informan tersebut dianggap paling mengetahui terkait materialitas laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep materialitas dalam perspektif auditor Inspektorat Sumenep cukup baik dilaksanakan. Pendekatan konsep materialitas tercermin dalam proses pelaksanaan reviu LKPD yang terdiri dari pertimbangan awal tentang materialitas salah saji laporan keuangan, materialitas salah saji pada tingkat laporan keuangan, materialitas salah saji pada tingkat saldo akun, dan alokasi materialitas pada tingkat saldo akun. Namun pada pendekatan alokasi materialitas pada tingkat saldo akun dilakukan secara sederhana dengan sistem pendekatan terhadap salah saji yang terdapat dilaporan keuangan karena terkait dengan tugas dan fungsi Inspektorat sebagai APIP yang hanya melakukan reviu terbatas dan tidak mengeluarkan opini.

References

Adi, A. P. (2012). Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi, dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Jurnal Kajian Dan Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1 Nomor 3.
Furqani, A., & Hafidhah. (2015). Peranan Inspektorat Kabupaten Sumenep Dalam Mencegah Dan Mendeteksi Fraud Di Dinas Pendidikan Sumenep. Jurnal “PERFORMANCE” Bisnis & Akuntansi, 5(1).
Gelspan, R. (2007). The Heat Is Online. Lake Oswego, Or: Green House Network. Retrieved from the Heat is Online website: http://www.heatisonline.org
Halim, A. (2008). Auditing (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan) (4th ed.). Yogyakarta: STIM YKPN.
https://m.detik.com. (2018). Retrieved from https://m.detik.com
https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/06/04/78762/pemkab-sumenep-berhasil-raih-opini-wtp-bpk-ri. (2018). Retrieved from https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/06/04/78762/pemkab-sumenep-berhasil-raih-opini-wtp-bpk-ri
Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi.
Miller-Rushing, A. J., Primack, D., & Mukunda, S. (2006). Photographs and herbarium specimens as tools to document phonological changes in response to global warming. American Journal of Botany, 93, 1667-1674.
Michaels, P. J., & Balling, R. C., Jr. (2000).The satanic gases: Clearing the air about global warming. Washington, DC: Cato Institute.
Moleong, L. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen (3rd ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi. (2002). Auditing (6th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Murwanto, R., Budiarso, A., & Ramadhana, F. H. (2008). Audit sektor publik: Suatu Pengantar Bagi Pembangunan Akuntabilitas Instansi Pemerintah. LPKPAP Depkeu RI: BPPK – Departeman Keuangan RI.
Nasution, H. (2012). Pengaruh Beban Kerja, Pengalaman Audit dan Tipe Kepribadian terhadap Skeptisisme Profesional dan Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. Jurnal, 15.
Penjelasan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Reviu Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/05/M.PAN/03/2008 tentang Standar Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah.
Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan.
PP Nomor 12 Tahun 2017.
PP Nomor 60 Tahun 2008.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif Konsep Dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada.
Published
2021-06-18
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times