ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA PADA UPT. PUSKESMAS LEGUNG

  • Wilda Maritha Sari Universitas Wiraraja
  • Astri Furqani Universitas Wiraraja
Keywords: Kinerja Puskesmas, Balanced Scorecard

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Penilaian Kinerja Pada UPT. Puskesmas Legung. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah puskesmas legung. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Pendeskripsian data ini dilakukan dengan mengukur kinerja dari masing-masing perspektif dalam balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari keempat perspektif tersebut menyatakan bahwa proses bisnis internal merupakan perspektif yang rata-ratanya lebih paling menonjol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ke empat perspektif dalam balanced scorecard UPT. Puskesmas Legung sudah melakukan kinerja yang baik yaitu 68% yang berada dikisaran point 60% - 80%. Sehingga Penerapan Balanced Scorecard sudah dilakukan dengan sempurna.

Author Biographies

Wilda Maritha Sari, Universitas Wiraraja
Program Studi Akuntansi
Astri Furqani, Universitas Wiraraja
Program Studi Akuntansi

References

Ariyanto, F. D., Sri, M., & Topowijono. (2016). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan ( Study pada PT . Marinal Indoprima ). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(1), 58–64.

Mahsina, M., Poniwatie, A., & Cholifah, C. (2017). ANALISIS PENERAPAN BALANCE SCORECARD, ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN, DAN ASET KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(1), 59. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i1.323
Manajemen, D., Ekonomi, F., & Manajemen, D. (2016). Perancangan Balanced Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja pada PT Asuransi MSIG Indonesia Ramadhani Erlin Trisyulianti. Ramadhani.
Parmita, R. (2019). Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rumah Sakit. 143–153.
Riyana, D. H. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan Pt Indofood Dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Sekuritas, 11(22), 42–53.
Sujarweni, Wiratna. 2015.Akuntansi Manajemen.Yogyakarta:Pustaka Baru Press
Sa’adah, Lailatus. 2018. Balanced Scorecard. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA
Published
2021-03-18
Section
Articles
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 4 times