ACCOUNTING IS MONSTER: KESIAPAN UMKM KERIPIK MURIS DALAM MENERAPKAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK-EMKM

  • Eka Ayu Noer Kholifah Universitas Wiraraja
  • Imam Darul Firmansyah Universitas Wiraraja
Keywords: Akuntansi, UMKM, SKA EMKM

Abstract

Monster pandangan UMKM terhadap laporan keuangan. Semudah apapun penyusunan laporan keuangan yang berdasarkan SAK-EMKM, praktiknya masih banyak pelaku UMKM yang tabu dan enggan menggunakan informasi akuntansi dalam menjalankan usahanya apalagi melakukan pencatatan sesuai dengan standar yang berlaku. Hal ini disebabkan karena UMKM belum mengetahui bahkan belum mendengar istilah SAK-EMKM dan memandang pencatatan akuntansi merupakan suatu monster karena dalam pengerjaannya sangatlah rumit dan memakan waktu lama sehingga tidak banyak diterapkan oleh pelaku UMKM khususnya UMKM yang berada di daerah Sumenep.Selain itu salah satu alasan tidak dilakukannya pencatatan akuntansi oleh pelaku UMKM adalah persepsi mereka yang menganggap bahwa akuntansi bukanlah hal utama yang harus diterapkan, melainkan bagaimana UMKM mampu meningkatkan omzet penjualannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam pengumpulan datanya peneliti melakukan wawancara mendalam kepada pihak UMKM dan mendokumentasikannya. Sedangkan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Keripik Muris belum paham dengan laporan keuangan berdasarkan SAK-EMKM dikarenakan : Minimnya tingkat pengetahuan UMKM Keripik Muris terhadap laporan keuangan berdasakan SAK-EMKM. Ketidaksiapan UMKM terhadap pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK-EMKM karena menurut mereka tidak terlalu penting dan tidak adanya keberlanjutan dari pihak pemerintah. Tidak adanya karyawan yang kompeten di bidang akuntansi sehingga pencatatan di UMKM Muris tersebut masih sederhana.

Author Biographies

Eka Ayu Noer Kholifah, Universitas Wiraraja
Program Studi Akuntansi
Imam Darul Firmansyah, Universitas Wiraraja
Program Studi Akuntansi

References

Astriani, N. K. D. A., Herawati, N. T., & Dewi, P. E. D. M. (2017). Eksistensi Pencatatan Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro , Kecil , dan Menengah ( SAK EMKM ) Pada Usaha Kopi Luwak Di Desa Demulih Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).
Darmawati, D., & Oktaviani, A. A. (2018). PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI UMKM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM e-COMMERCE. Seminar Nasional Cendikiawan, 919–925.
Febriyanti, Galuh Artika dan Wardhani, A. S. (2018). Pengaruh Persepsi, Tingkat Pendidikan, dan Sosialisasi Terhadap Penerapan SAK EMKM Pada UMKM Wilayah Kota Surabaya. Ilmiah ESAI, 12(2), 112–127.
Janrosl,V.S.E.(2018).AnalisisPersepsiPelakuUMKM dan Sosialisasi SAK EMKM terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan yang Berbasis SAK EMKM.Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi,11(1).
Moleong,L.J.(2017).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Published
2021-03-18
Section
Articles
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 6 times