PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI DAN KEPRIBADIAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUMENEP

  • Winda Dwi Wardani Universitas Wiraraja
  • Norsain Norsain Universitas Wiraraja
Keywords: Pengetahuan Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan

Abstract

Laporan keuangan pemerintah yang berkualitas adalah laporan keuangan yang disajikan memenuhi karakteristik relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Kabupaten Sumenep pada tahun 2017 dan 2018 memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK. Akan tetapi ada catatan tambahan terkait dengan pengetahuan akuntansi dan kepribadian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi dan kepribadian pegawai secara bersama-sama terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten sumenep. Adapun populasi yang akan menjadi objek dalam penelitian ini adalah OPD di Kabupaten Sumenep. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Jadi jumlah sampel dalam penelitia ini yaitu sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengajukan kuisioner, hal ini dilakukan untuk memperoleh data dengan mengajukan sejumlah daftar pertanyaan kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengetahuan Akuntansi berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, kepribadian pegawai berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, serta Pengetahuan Akuntansi dan kepribadian pegawai berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

References

Allport & Cattell, (1992). The Big Five Personality. Jurnal pengaruh pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha.
Peraturan pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan. (2010). Jakarta : Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Sari., Ni Putu,. Y.M.A. dan Sujana.E. . (2014). Pengaruh pemahaman standar akuntansi pemerintah (SAP), pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah ( Study kasus pada dinas – dinas pemerintah di kabupaten jemberana).e-juournal SI Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha ( Vol.2.No.1).
Sugiono. Prof Dr. (2017). Metode kuantitatif dan kualitatif. Penerbit Salemba Empat.
Triswati, Susan. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Kepribadian Ihsan dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
Published
2021-03-18
Section
Articles
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 0 times