PENDAMPINGAN RAGAM PRODUK OLAHAN BERBAHAN DASAR IKAN DI DESA PAGAR BATU

  • Syahril Syahril Universitas Wiraraja
  • Syaiful Anwar Universitas Wiraraja
  • Moh. Kurdi Universitas Wiraraja
Keywords: Olahan ikan, Kemasan, Inovasi teknologi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan menciptakan produk olahan berbahan dasar ikan seperti sosis dan nugget, memasarkan produk olahan berupa sosis dan nugget kesemua lapisan masyarakat, menciptakan peluang pasar dan meningkatkan nilai tambah serta daya jual ikan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama delapan bulan bersama kedua mitra, mitra pertama yang berlokasi di desa Pagar Batu Kec. Saronggi yaitu KWT “Bunga Seroja”. Metode dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan kepada mitra tentang olahan ikan menjadi produk yang dapat bersaing dengan membaca peluang pasar, Memberikan demonstrasi/praktek pengolahan ikan menjadi makanan (sosis dan nugget) dengan inovasi. Melalui Program pengabdian, maka yang diharapkan adalah sebagai berikut: (1) Terampilnya untuk dalam pembuatan olahan berbahan dasar ikan dalam kemasan yang menarik, (2)  Produk  yang  dihasilkan  adalah  dalam  produk sosis dan nugget dalam kemasan menarik (siap dipasarkan), (3) Peningkatan  penjualan sosis dan nugget. Proses penyampaian materi memanfaatkan alat peraga. Sedangkan proses praktek memanfaatkan teknologi peralatan yang telah diadakan. Sementara teknik pendampingan dan arah program pengabdian melibatkan  kelompok mitra.  Hasil evaluasi kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa capaian program utama dan program pengabdian pada Kelompok Wanita Tani Bunga Seroja Desa Pagar Batu Kecamatan Saroggi Kabupaten Sumenep pengabdian dapat dilaksanakan dan terealisasi dengan baik sesuai dengan rencana dan kesepakatan semua pihak.  Hasil evaluasi tingkat pemahaman tentang penguasaan materi pengabdian diperoleh hasil bahwa masyarakat sekitar 87 % terjadi peningkatan  wawasan, pengetahuan dan pemahaman tentang penerapan ilmu dan teknologi  dalam diversifikasi produk pengolahan hasil perikanan yakni nugget dan sosis.

References

Hadiwiyoto, S., 1979. Hasil-Hasil Olahan Susu, Ikan, Daging dan Telur. Liberty, Yogyakarta.
Moeljanto, 1992. Pengawetan dan Pengolahan Hasil Perikanan. Penebar Swadaya, Jakarta.
Muchtadi D. 1989. Evaluasi Nilai Gizi Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Pusat Antar Universitas, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Singgih Wibowo dan Yunizal, 1998. Penanganan Ikan Segar. Balai Penelitian Perikanan Laut, Pusat Penelitian dan Pengembangan, Jakarta. Sugiri Elon, 1997. Aneka Cara Pengolahan Ikan. Dinas perikanan Jawa Barat, Bandung.
Suhardi dan Marsono, 1982. Penanganan Lepas Panen 2. Departemen pendidikan dan Kejuruan Direktorat Menengah Kejuruan, Jakarta.
Suparno, dkk., 1992. Kumpulan Hasil-Hasil Penelitian Pasca Panen Perikanan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Jakarta.
Suparno. 1998. Ilmu dan Teknologi Daging. UGM Press, Yogyakarta.
Published
2020-09-30