PENDAMPINGAN KETERAMPILAN MENGOLAH PRODUK SAINS (SUSU FERMENTASI VARIANS BUAH) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN MELALUI AKTIVITAS PRAKTIKUM SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ACADEMIC ENTREPRENEUR

  • Dyah Ayu Fajarianingtyas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja
  • Jefri Nur Hidayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja
Keywords: Metode Eksperimen, susu fermentasi Varians Buah

Abstract

Nama mitra/kelompok sasaran adalah SD Luqman Al Hakim yang terletak di di Jalan Payudan Barat Nomor 3 Sumenep. Masalah mitra/kelompok sasaran berdasarkan analisis situasi adalah dari hasil observasi oleh Tim PKM bulan Januari tahun 2019 diketahui bahwa (1) ketersediaan alat dan bahan di kelompok mitra belum memenuhi standar IPA Sekolah untuk melakukan metode eksperimen di bidang Sains; (2) keterampilan proses siswa belum tergali secara optimal karena jarang melakukan metode eksperimen untuk membuktikan konsep IPA. Salah satu solusi/target luaran yang ingin dicapai adalah perlu dilakukan Pendampingan Pelatihan Produk Sains Melalui Aktivitas Praktikum Sekolah. Melalui Program Pelatihan ini, maka luaran dan tujuan yang diharapkan adalah adanya publikasi jurnal Abdiraja dan peningkatan keterampilan/skill dalam mengolah pembuatan susu fermentasi dari berbagai varian rasa buah sebagai produk sains. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan persoalan mitra adalah metode pendidikan masyarakat melalui pendampingan keterampilan mengolah Produk Sains (susu fermentasi Varians Buah) Menggunakan Metode Eksperimen Melalui Aktivitas Praktikum Sekolah. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen sebagai cara belajar mengajar yang melibatkan siswa dengan mengalami serta membuktikan sendiri proses dan hasil percobaan (Putra, 2013). SD Luqman Al Hakim secara kelompok akan melakukan praktikum produk Sains (susu fermentasi Varians Buah) yang akan didampingi oleh Tim PKM. Manfaat yang dirasakan oleh kelompok sasaran adalah keterampilan siswa menjadi terasah karena siswa melakukan metode eksperimen untuk membuat (susu fermentasi Varians Buah). Siswa sangat antusias melakukan experiment susu fermentasi varians buah. Hasil rata-rata respon sebesar 96%. Pembelajaran berbasis entrepreneurship memberikan memberikan bekal kewirausahaan dengan tetap memperhatikan bakat, minat, dan suasana menyenangkan.

References

Desroiser, N. W. (1988). Teknologi Pengolahan Pangan. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.
Kartikasari, D. I. (2014). The Influence of Soursop Juice Addition and Fermentation Period toward Physical Chemistry Properties of Yoghurt. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, Vol. 2 No, p.239-248.
Kartikasari, D. I., & Nisa, F. C. (2014). PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH SIRSAK DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA YOGHURT The Influence of Soursop Juice Addition and Fermentation Period toward Physical Chemistry Properties of Yoghurt. Jurnal Pangan Dan Agroindustri Vol., 2(4), 239–248.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Jogjakarta: Diva Press.
Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.
Putri, D. C. L. A. (2019). The Effect of Adding Red Dragon Fruit (Hylocereus Polyrhizus) Juice for The Characteristics of Yogurt Mixed Milk and Red Beans (Phaseolus Vulgaris). Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan. Vol. 8, No.1, 8-17, Vol. 8, No, 8–17.
Sardjoko. (1996). No Title. In Bioteknologi, Latar Belakang dan Beberapa Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Ulva Dianasaril, R. M., & Maruddin, F. (2018). NILAI Ph , ASAM LAKTAT DAN WARNA SUSU FERMENTASI DENGAN The Values of Ph , Lactid Acid and Color of the Fermented Milk Added with Red Dragon ( Hylocereus. (March 2019).
Widiasworo, E. (2017). Inovasi Pembelajaran berbasis life skill dan entrepreneurship. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Published
2019-11-13