Edukasi Phbs Dalam Tatanan Rumah Tangga Di Desa Errabu

  • Sri Yunita Suraida Salat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Wiraraja Sumenep
  • Laylatul Hasanah Universitas Wiraraja
Keywords: Edukasi, PHBS, Rumah Tangga

Abstract

Pemeliharaan kesehatan dalam lingkungan masyarakat akan meningkatkan sebuah produktivitas kinerja masyarakat yang dapat memacu peningkatan kesesejahteraan masyarakat itu sendiri. perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman. PHBS dapat dimulai dari lingkup rumah tangga, karena rumah tangga yang sehat merupakan dasar pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan, dan dilindungi kesehatannya. Namun kenyataannya saat ini masih terlihat minimnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Kondisi ini masih terlihat di Desa Errabu kecamatan Bluto. Saat melakukan kunjungan ke desa tampak terlihat banyaknya sampah di sungai dan jalan. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat desa Errabu untuk berperilaku hidup bersih sehat. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meingkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang PHBS dalam tatanan rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat tentang PHBS dalam tataanan rumah tangga serta pemberian tempat sampah rumah tangga. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini dapat dikatakan berhasil karena ada perubahan pemahaman, pengatahuan serta perilaku masyarakat tentang PHBS.

References

Ezeh CC, Ezeh OH. Perception and Information Seeking Behaviour of Rural Households towards Health Promoting Practices in Maigana District of Kaduna State, Nigeria. Open J Med Psychol. 2017;06(04):233–242 12.
Kenney PL, Agboh HNK, Agyemang FA, Dadzie SS, Duah HO, Agbadi P. Correlates of access to hand hygiene resources in Ghanaian households: An exploratory analysis of the 2014 demographic and health survey. Heliyon. 2020;6(8):0–4.
Manurung SH. Analisis Kondisi Perumahan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Rumah Tangga di Wilayah Kecamatan Medan Polonia Tahun 2019. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara; 2020. 20.
Pratama KA. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Dusun Bakalan Desa Bayut Kec. Jiwan Kab. Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun; 2017.
Kementerian Kesehatan RI. Flyer: PHBS [Internet]. 2019 [ cited on 2022 june 27]. Available from: https://promkes.kemkes.go.id/flyer-phbs-2019
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun. Kesehat Lingkung [Internet]. 2020. Available from: https://kesmas.kemkes.go.id
Putra RN. Hubungan Kebiasaan Mencuci Tangan Sebelum Makan dengan Kejadian Infeksi Cacing Pada Anak SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya; 2019.
Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum. 2017.
Rizal Y. Public response to the implementation of clean and healthy living behavior (PHBS) in coastal community in Rokan Hilir Regency. J Glob Responsib. 2018;9(3):261–279.
Published
2024-03-12
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 20 times