Pelatihan Teknologi Pengolahan Bakso Ayam dan Tahu Bakso di Program Studi Agribisnis UNISKA Kediri

  • Nunuk Helilusiatiningsih Universitas Islam Kadiri
  • Nastiti Winahyu Universitas Islam Kadiri
  • Navita Maharani Universitas Islam Kadiri
  • Heru Setiyadi Universitas Islam Kadiri
  • Vifi Nurul Choirina Universitas Islam Kadiri
Keywords: Bakso, Pelatihan, Tahu bakso, Kediri

Abstract

Bakso dan tahu bakso adalah jenis olahan dari daging yang populer di masyarakat, karena rasanya nikmat dan harga terjangkau serta bernilai gizi yang baik. Permasalahan yang berkembang adalah harga daging yang mahal dan banyak ternak sapi yang terkena virus sehingga menimbulkan panik di kalangan peternak dan konsumen. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberi ketrampilan kepada masyarakat kampus agar dapat berwirausaha membuka kuliner bakso dan jenisnya dalam meningkatkan pendapatan. Metode Kegiatan menggunakan penyuluhan materi, diskusi, pelatihan ketrampilan dan uji organoleptik. Pemberdayaan masyarakat kampus dikuti oleh 30 orang dari kalangan mahasiswa agribisnis, Dan karyawan. Hasil kegiatan mempunyai manfaat sebagai berikut : Memahami dan terampil dalam proses pengolahan daging ayam menjadi bakso dan tahu bakso, meningkatkan nilai ekonomi dalam pembentukan UMKM, membuka lapangan pekerjaan baru bidang ekonomi, memotivasi masyarakat dalam inovasi baru dalam bidan olahan pangan. Bakso dan tahu bakso yang dibuat dari dagang ayam sangat baik untuk diolah dan di pasarkan dengan harga yang terjangkau daya beli masyarakat.

References

Anonim . Badan Pusat Statitik (2018). SN 01-3818-2008. Bakso Daging. Jakarta: BSN.6
Aprita, I., Anwar, C., Irhami, & Salima, R. (2020). Diversifikasi Pembuatan Bakso Daging Ayam dengan penambahan Ubi Jalar (Ipomoea batatas L) Diversification of Chicken Meatballs Making with Sweet Potato (Ipomoea batatas L) addition Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Politeknik Indonesia 2 Pro. Jurnal Peternakan Sriwijaya, 9(1), 7–15.
Lestario, W. (2017). Potensi Penerapan Konsep Produksi Bersih pada Industri Keramik di Probolinggo. Jurnal Teknologi Lingkungan, 18 (2).
Nadya, Y., Yusnawati, Handayani, N., (2020). Analisis Produksi Bersih Di UKM Pengolahan Tahu Di Gampong Alue Nyamok Kec. Birem Bayeum Kabupaten Aceh Timur, Jurnal Teknologi, 12 (2), 134-139.
Soeparno. (2005). Ilmu dan Teknologi Daging. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sutomo, Budi. (2009). Sukses Bisnis Bakso. Jakarta: Kriya Pustaka.
Usmiati, S. (2010). Pengawetan Daging segar dan Olahan. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Kampus Penelitian Pertanian. Bogor.
Yunarni. (2012). Studi Pembuatan Bakso Ikan dengan Tepung Biji Nangka (Artocarpus heterophyllus lam). Skripsi. Jurusan Teknologi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Published
2023-03-31
Abstract viewed = 198 times
PDF downloaded = 280 times