Strategi Kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di RT 23 RW 9 Puri Panjalu - Betet Indah Keluarahan Betet, Kediri

  • Nunuk Helilusiatiningsih Universitas Islam Kadiri
  • Nastiti Winahyu Universitas Islam Kadiri
  • Ribut Santosa Universitas Wiraraja
Keywords: Kediri, Keluarga, Kesejahteraan, Pemberdayaan, Strategi

Abstract

Kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan khususnya di lokasi perumahan RT 23 RW 9 Puri Panjalu Permai dan Betet Indah tergolong baik dan terprogram. Strategi peningkatan ketrampilan dalam berbagai bidang seperti sosial budaya, ekonomi, agama, kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup serta ketrampilan berlangsung dengan baik. Permasalahan yang dihadapi dalam berlangsungnya kegiatan perempuan, adalah sebagian ibu-ibu ada yang bekerja sehingga ada kendala dalam memaksimalkan program ketrampilan. PKK. Strategi kegiatan ini bertujuan membina dan meningkatkan kinerja program PKK yang berlangsung secara berkesinambungan di perumahan ini. Metode pemberdayaan perempuan menggunakan penyuluhan, diskusi tanya jawab, pelatihan ketrampilan, pertemuan rutin semua anggota dan ketua RT serta pengurus dalam membahas kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal ini didukung oleh Bapak Ketua RW 9 serta Ibu Ruli selaku Ketua RT 23 serta semua warga giat dalam rembug warga untuk mencapai musyawarah mufakat dalam segala kegiatan yang bermanfaat. Hasil mentoring dan evaluasi kegiatan meliputi pertemuan rutin PKK tiap bulan menggu pertama, posyandu tiap minggu keempat, pengajian yasin tahlil tiap malam Jumat, kajian ilmu agama tiap minggu pagi, TPQ tiap hari senin sampai Jumat pukul 16.00 sampai magrib dilanjutkan solat jamaah di Masjid Ijtihad, halal bihalal, kerja bakti lingkungan, kegiatan pondok ramadhan dan idul kurban, prodamas berjalan dengan tertib dan baik, serta pengajian ibu-ibu Nurul Qulbi serta hadrah.

References

Helilusiatiningsih, N., Astoko, E. P., Winahyu, N., Shobirin, R. A., Irawati, T. (2022). Pemberdayaan UMKM dan Mentoring Teknologi Produk Olahan Nanas di Desa Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Jurnal Abdiraja. 5(1) 24-31.
Herlina, H. (2019). Fungsi Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan Di Desa Maasawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 5(2).
Jim, I., Tesoriero, F. (2008). Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslim, A. (2007). Pendekatan Partisipatif Dalam Pemerdayaan Masyarakat. Yogyakarta : Samudra Biru
Ramadani, D. M. (2020). Upaya Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pemberdayaan Perempuan di Desa Mukti Jaya Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur, eJournal Ilmu Pemerintahan. 3, 677-690.
Samudi, Fatmawati, E.W., Winahyu, N., Lorensa, D.E. (2022). Sosialisasi Pertanian Organik pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (1) 20-24.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabet.
Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Shucksmith, M. (2013). Future Direction In Rural Development. England: Carnegie UK Trust
Susatin. (2019). Strategi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Program Kerja PKK Di Desa Gandoang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmu Pemerintahan. 5(2).
Published
2022-10-13
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 2 times