Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Anak-Anak Korban Bencana Alam Banjir di Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang

  • Dwi Sri Rahandayani Stikes Pemkab Jombang
  • Dewi Pitriawati Pendidikan Profesi Bidan, Stikes Pemkab Jombang
Keywords: pelecehan seksual, korban banjir, kekerasan pada anak

Abstract

Bencana alam adalah peristiwa luar biasa yang disebabkan oleh gejala alam atau perilaku manusia yang dapat menyebabkan kerugian besar. Penanggulangan masalah kesehatan merupakan salah satu sektor utama yang menjadi perhatian pasca terjadinya bencana. Women Comission for Refugees menyatakan terjadi peningkatan risiko kekerasan dan pelecehan seksual pada situasi bencana. Peningkatan angka kejadian kekerasan seksual pada anak setiap tahunnya menjadi bukti nyata pengetahuan anak yang kurang mengenai pendidikan seksual yang seharusnya sudah mereka dapatkan sejak usia dini dari orang tuanya. Anggapan masyarakat mengenai pendidikan seksual yang masih dianggap tabu untuk dibicarakan bersama anak menjadi sebab yang harus dibenahi sehingga anak memiliki bekal agar terhindar dari pelecehan. Kegiatan pengabdian masyarakat diberikan dalam bentuk pendidikan kesehatan reproduksi pada anak sesuai usianya.  Penyampaian dilakukan secara interaktif  melalui berbagai contoh dan juga video yang menarik dan mudah dipahami serta untuk menjalin komunikasi dua arah bagi anak-anak korban banjir yang berada di lokasi pengungsian agar mampu menjaga dirinya dan mau melaporkan segala bentuk pelecehan seksual yang dialaminya serta mengedukasi para orang tua agar mewaspadai kemungkinan terjadinya pelecehan seksual pada anaknya. Hasil dari Pengabdian Masyarakat berupa peningkatan pengetahuan anak korban banjir dan orang tua yang tinggal di lokasi pengungsian tentang risiko pelecehan seksual pada anak, mengenali anggota tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain, dan kemana harus melapor apabila mengalami pelecehan seksual.

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2012. “Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana.” Badan Nasional Penanggulangan Bencana: 62. https://siaga.bnpb.go.id/hkb/po-content/uploads/documents/Buku_Saku-10Jan18_FA.pdf.
Dewiani, Kurnia, Yetti Purnama, and Linda Yusanti. 2020. “Pendidikan Seks Dini Dan Kesehatan Reproduksi Anak Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS 17(2): 1–6.
https://beritajatim.com/peristiwa/data-lengkap-dan-terbaru-perkembangan-banjir-di-jombang/ diunduh pada 5 Maret 2021
Justicia, Risty. 2016. “PROGRAM UNDERWEAR RULES UNTUK MENCEGAH Universitas Pendidikan Indonesia Masa Dini Sering Penyerapan Informasi Yang Sangat Proses Komnas Tersebut Jauh Melebihi Kenyataannya.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(2): 217–32.
Kemenkes RI. 2011. “Promosi kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan.” Jakarta
Machfoedz, Irkham & Suryani, Eko. 2005. Pendidikan kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.
Pemerintah Republik Indonesia (RI). 2007. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta: Pemerintah RI.
Susilowati, Dwi. 2016. “Promosi kesehatan.” Jakarta: Kementrian kesehatan PPSDMK
Uyun, Zahrotul. 2015. “Kekerasan Seksual Pada Anak: Stres Pasca Trauma.” PROCEEDING SEMINAR NASIONAL “Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal”: 228–38.
WR, S.N.A.W., Habibi, H. (2022). Inovasi Video Youtube untuk Mengajarkan IPA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1). pp. 21-34.
Published
2022-10-13
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 15 times