Survey Persepsi dan Mobilitas Pengguna Jasa Penyebrangan di Pelabuhan Gersik Putih - Kalianget di Masa Pandemi Covid 19 dan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

  • Isdiantoni Isdiantoni Fakultas Pertanian
  • Roos Yuliastina Fakultas Imu Sosia dan Politik
  • Imam Hidayat Fakultas Imu Sosia dan Politik
  • Isyanto Isyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Persepsi, Mobilitas, Covid 19 dan PSBB

Abstract

Kabupaten Sumenep sebagai salah satu kabupaten di Wilayah Jawatimur masih berstatus zona Merah terkait penyebaran Covid 19. Dalam rangka menekan jumlah penyebaran Covid 19 pada beberapawilayah zona merah di Indonesia, pemerintah menerbitkan kebijakan No 21 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meski aturan ini telah ditetapkan, nyatanya dalam kehidupan sehari-hari msayarakat di kabupaten Sumenep tetap melakukan kegiatan keluar rumah seperti kegiatan mobilisasi antar pulau ke daratan menggunakan trasportasi umum. Mobilitas yang dimaksud dalam hal ini yaitu mobilitas masyarakat pengguna jasa penyeberangan Gersik putih-Kalianget, Sarana penyebrangan ini masih tetap melakukan aktifitas penyebrangan barang dan orang meskipun di masa pandemi , bahkan tetap melakukan aktivitas kegiatan penyebrangan tanpa menerapkan protokoler kesehatan 5M pagi penumpang kapal tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tertarik untuk melakukan survei terhadap pengguna transportasi penyebrangan Gersik –putih Kalianget dalam mempersepsikan Covid 19 dan pemberlakuan PSBB. Setelah melakukan survei kegiatan pengabdian ini dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi ringan terhadap narasumber yang ditemui dan membegikan masker secara gratis. 

References

https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:DeJ6kTKr15cJ:https://www.bappenas.go.id/files/5013/5080/2310/prijono__20091015151109__2385__0.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id (Online). (Diakses pada 01 Oktober 2021).
Published
2021-10-07
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times