Peningkatan Perekonomian Masyarakat Pesisir Melalui E-Business di Desa Dapenda Kecamatan Batang-batang

  • Ahmad Ghufrony Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Wiraraja
  • Liyanto Liyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Wiraraja
  • Imam Hidayat Fakultas IlmuSosial dan IlmuPolitik, Prodi Administrasi Publik, Universitas Wiraraja
Keywords: Pemanfaatan Tekhnologi, Ekonomi kreatif, E-business

Abstract

E-business adalah sebuah aplikasi jual beli yang memudahkan masyarakat pesisir di Dapenda untuk lebih menangkap peluang usaha atau dagangannya ke pangsa pasar yang lebih luas dengan jangkauan informasi tidak terbatas. E-business merupakan dampak positif dari bergeraknya dunia digitalisasi yang semakin tinggi yang memudahkan penggunanya dalam memperoleh keuntungan. Sisi positif dari era digitalisasi ini memberikan ruang kepada masyarakat untuk lebih kretif sehingga kehadirannya memberikan nilai tinggi bagi masyarakat dalam membentu pengahasilan untuk memperbaiki taraf ekonominya. Padahal jika dilihat dari keunggulan Desa Dapenda dengan potensi kekayaan alamnya, hasil ikan laut, ikan laut diolah menjadi terasi, cemara udang, dan kelapa hijau adalah nilai tambah bagi Desa Dependa, maka sangat wajar jika potensi ini merupakan mata pencarian warganya dalam mencukupi kehidupan sehari-harinya. Namun permasalahnnya kehadiran tekhnologi infromasi yang semakin canggih tidak satupun orang memenfaatkan ini sebagai peluang untuk dijadikan sebagai salah satu alat promosi didunia perdardaganya, lemahnya tingkat kesadaran ini tidak memberikan nilai tambah bagi dunia usaha atau perdagangannya. Maka dari itu perlu adanya trobosan baru yang berani menggunakan cara baru dengan penggunaan yang mudah, melalui proposal ini kami memberikan sentuhan edukasi teknologi yaitu dengan menghadirkan e-business sebagai solusi yang tepat dalam membantu usaha dan perdagannya. E-business menghadirkan edukasi dengan gampang digunakan, praktis dan simple untuk digunakan masyarakat dalam berjualan dimedia sosial dengan jangkaun yang lebih luas dan pangsa pasar yang tidak terbatas.

References

Adi Setiawan dkk. Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam e-Businerss.Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 10 No. 2 September 2017. ISSN : 2442 - 9732 (Online) ISSN : 0216 - 3780 (Print).
Ilham Thaief. Aspek Kesiapan Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan E-Business Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Economix Volume 2 Nomor 1 Juni 2014.
Yanuar Nurdiansyah. Perancangan Sistem E-Commerce pada industry Terasi Menggunakan Metode Structure Analysis And Design Tecnique (SADT) Guna Meningkatkan Pemasaran Produk (Studi Kasus : Industri Terasi Payangan). Universitas Jember Tahun Anggaran 2017.
Published
2021-10-07
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times