Pemanfaatan Sistem Informasi Arsip di Desa Bilangan Kecamatan Batang-Batang

  • Imam Hidayat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja
  • Ach. Andiriyanto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja
  • Imam Darul Firmansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja
Keywords: Pemanfaatan Tekhnologi, Sistem Informasi, Arsip Surat

Abstract

Pemanfaatan Sistem Informasi Arsip Desa merupakan trobosan daninovasi terbaru yangdirekomendasikan kepada aparatur desa di Desa Bilangan Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep, sebagai solusi yang tepat untuk menata informasi arsip desa secara terbuka, efektif dan memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat dan lembaga lainnya. Peluang era digitalisasi harus mampu memberikan dampak signifikan bagi kemajuan pelayanan desa, disamping aparatur desa yang mampu menjalankan komputer maka kesempatan ini menjadi peluang untuk dijalankannya Sistem Informasi Arsip Desa. Proses pelayanan selama ini terkesan tidak efektif dan efesien untuk itu perlu adanya sistem atau aplikasi yang mampu memberikan solusi atas permasalahn tersebut, karena untuk di kantor desa sendiri komputer yang ada belum termanfaatkan dengan baik. Untuk itu perlu adanya pembinaan secara intens dengan memberikan pengetahuan dibidang pengelolaan informasi dan arsip desasehingga aparatur desa menyadari akan pentingnya pengelolaan informasi arsip desa yang dijalankan lebih sistematis dan terjaga secara aman semua informasi terkait desa.Sistem Informasi Arsip Desa yang berbasis komputer ini memberikan peluang yang signifikan bagi kualitas pelayanan kantor desa, sehingga pembinaan atau pelatihan ini penting untuk diadakan sebagai jawaban dari dunia digitalisasi yang semua unsur kepentingan informasi sudah bisa diakses ari komputerisasi. Metode kegaiatan pengabdian ini dengan melakukan proses pendampingan dan pelatihan kepada aparatur desa dengan memberikan materi cara pengarsipan secara digital tidak lagi dengan menggunakan proses input manual. Adapaun dari hasil kegiatan pengabdian ini membiasakan aparatur desa menggunakan sistem yang kami buat agar lebih efektif dan efesien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa bilangan dan yang membutuhkan.

References

Ade Suryadi dkk. Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan MetodeWaterfall (Studi kasus : Kantor Desa Karangrau Banyumas) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika Jurnal Khatulistiwa Informatika.Vol.VII, No 1 Juni 2019 p-ISSN: 2339-1928 & e-ISSN: 2579-633X .
Atik Rusmayanti. Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Desa Ngadirejan.Universitas Surakarta. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 2 - 2014.
Didik Setiawan dkk. Perancangan Sistem Informasi Penduduk Pada Kantor Desa Kebonsari. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 4 No 2 – April 2015 – ijns.apmmi.
Fadjarini Sulistyowati. Partisipasi Warga terhadap Sistem Informasi Desa Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD ”APMD” Yogyakarta.
Fahrur Rozi. Pengmbangan Websitete dan Sistem Informasi Desa di Kabuapten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Volume 02, Nomor 02, Desember 2017 . E-ISSN : 2540 – 8984.
Mudjiarto. 2014. “Pengaruh Pembinaan Manajemen Usaha Terhadap Kinerja Usaha Mikro Binaan PKBL PT Jasa Marga”. Jurnal Ekonomi. 5 (2):80-87.
Saifudin dkk. Sistem Informasi Arsip Surat (SINAU) berbasis WEB pada Kantor Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden. Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen Vol 7 No. 2 September 2019 ISSN:2338-8161 E-ISSN: 2657-0793.
Published
2021-03-30
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 10 times