Diseminasi Penggunaan Limbah Plastik Sebagai Material Beton di Kabupaten Sumenep

  • Anita Intan Nura Diana Universitas Wiraraja
  • Subaidillah Fansuri Universitas Wiraraja
Keywords: Diseminasi, Limbah Plastik, Beton Ramah Lingkungan

Abstract

Limbah plastik merupakan masalah lingkungan yang cukup serius sehingga membutuhkan penganan secara tepat dan berkelanjutan agar tidak mencemari tanah, air dan udara. Menurut Suaryana (2018) dan Ariffin (2018) saat ini negara Indonesia merupakan negara urutan kedua penghasil sampah setelah negara China. Sampah yang dihasilkan tiap tahunnya mampu mencapai angka 1,29 juta ton. Negara Indonesia yang notabene setiap wilayahnya dikelilingi oleh laut seakan-akan menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah. Di daerah pesisir dengan jumlah populasi sekitar 187,2 juta jiwa setiap tahunnya menghasilkan sampah plastik sebesar 3,22 ton. Sampah atau limbah yang dihasilkan tidak dikelola dengan baik. Limbah yang dihasilkan akan menjadi ancaman sendiri terhadap lingkungan, karena beberapa limbah plastik memiliki kandungan racun. Selain itu limbah plastik juga tidak mudah terurai seperti yang telah dipaparkan dalam website Petungsewu Wildlife Education Center (2003), limbah plastik membutuhkan waktu 50-100 tahun untuk terurai. Berdasarkan latar belakang diatas maka muncul ide untuk melakukan kegiatan diseminasi penggunaan limbah plastik sebagai material beton khususnya sebagai pengganti pasir. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan kegiatan penelitian yang akan dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil, Universitas Wiraraja. Limbah platik yang dimaksud adalah limbah plastik dari botol bekas yang kemudian dijadikan bahan pengganti sebagian pasir. Botol bekas ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga ukurannya atau gradasinya memiliki kemiripan dengan pasir. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menunjukan perkembangan yang cukup bagus terhadap penambahan pengetahuan para peserta tentang beton dan pengelolaan limbah botol plastik sebagai agregat halus.

References

Anita Intan Nura Diana, Hengky Depriyanto., Pengaruh Pemanfaatan Economic Plastic Fiber (Eco Plafie) Paving Block Terhadap Kuat Tekan, Ketahanan Kejut, Dan Serapan Air Sebagai Produk Ramah Lingkungan, prosiding National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 1 (1) (2018) pp 19-26. http://proceeding.uim.ac.id/index.php/ nacomse/ article/view/7
Ariffin, E. (2018). Indonesia’s plastic waste problem. https://theaseanpost.com/article/indone.
Grace Kurniawati, Lisa Oksri Nelfia, Ade Okvianti Irlan, Indrawati Sumeru. (2019). Penyuluhan Dan Percontohan Penggunaan Limbah Plastik Untuk Material Bahan Bangunan Di Lingkungan Rptra, Jakarta Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia , 68-73.
Handayasari, I., Artiani, G. P., & Putri, D. (2018). Bahan Konstruksi Ramah Lingkungan Dengan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Kemasan Air Mineral Dan Limbah Kulit Kerang Hijau Sebagai Campuran Paving Block. Jurnal Konstruksia Volume 9 No 2 , 25-30.
Petungsewu Wildlife Education Center. (2003). Hindari Budaya Nyampah. https://www.p-wec.org/id/go-green/hindari-budaya-nyampah.
M. Guendouz, F. Debieb, O. Boukendakdji, EH. Kadri, M. Bentchikou, H.Soualhi., Use of plastic waste in sand concrete, J. Mater. Environ. Sci, 7 (2) (2016) pp 382-389. https://www.jmaterenvironsci.com/Document/vol7/ vol7_N2/41-JMES-Debieb-2016.pdf
Rismayasari, Y., Utari, & Santosa, U. (2012). Pembuatan Beton dengan Campuran Limbah Plastik dan Karakterisasinya. Surakarta: Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret .
seputarmadura.com. (2018, November 5). Sampah Berserakan di Bantaran Sungai Pragaan Sumenep. Dipetik Maret 26, 2020, dari https://seputarmadura.com/sumenep/berita-sumenep/sampah-berserakan-di-bantaran-sungai-pragaan-sumenep/
Suaryana, N. N. (2018). Plastic Bag Waste on Hotmixture Asphalt as Modifier. Material Engineering and Application , 20-25.
Shyam S.,Drishya P, Reuse of Plastic Waste as Replacement of M Sand in Concrete, IOSR Journal of Engineering (IOSRJEN), 8 (6) (2018) pp 41-47. https://www.iosrjen.org/Papers/vol8_issue6/Version-3/F0806034147.pdf
Published
2022-10-13
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 2 times