EDUKASI METODE KERJA PADA PEKERJA PEMBANGUNAN TRIBUN OLAHRAGA UNIVERSITAS WIRARAJA

  • Cholilul Chayati Universitas Wiraraja
  • Ahmad suwandi Universitas Wiraraja
Keywords: Universitas Wiraraja, Metode Kerja, Tribun Olahraga

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa bidang olahraga merupakan sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang olahraga. Dalam upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa maka perlu adanya fasilitas olahraga yang nantinya dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan keolahragaan seperti bola voli, basket dan futsal. Selama ini Universitas Wiraraja hanya memiliki fasilitas olahraga berupa lapangan bola volly, dimana hal ini dirasa kurang memadani dikarenakan minat mahasiswa dalam bidang olahraga tidak hanya bola volly namun ada juga yang berminat ke olahraga lain seperti futsal dan basket. Pada tahun 2023 Universitas Wiraraja membangun sarana prasarana olahraga beserta bangunan pendukungnya seperti tribun olahraga. Permasalahan utama dalam pembangunan tribun lapangan olahraga yaitu tidak adanya tukang ataupun kepala tukang yang dapat membaca gambar kerja sehingga mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pekerjaan. Solusi yang kami berikan yaitu memberikan pengetahuan dalam membaca gambar kerja dan memberikan pemahaman tentang pentingnya metode kerja untuk menghasilkan pekerjaan pembangunan tribun lapangan olahraga sesuai dengan waktu yang direncanakan dengan kwalitas yang baik. Dari pelaksanaan pendampingan edukasi metode kerja pelaksanaan pekerjaan konstruksi, para pekerja mendapat pemahaman tentang pentingnya gambar kerja beserta metode kerja dalam mencapai pelaksanaan konstruksi yang baik.

References

https://campus.quipper.com/kampuspedia/pekan-olahraga-mahasiswa-nasional-pomnas
https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/event/olahraga-dan-kesehatan-jasmani/dikti/pekan-olahraga-mahasiswa-nasional-2023-dikti
Kartika Nia., Muzayyin Muhammad., (2019). Pengawasan dan Pengendalian Proyek Pembangunan Asrama Siswa Smk Terpadu Al-Ittihad Purabaya Kabupaten Sukabumi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Pedoman Usulan Pengabdian kepada Masyrakat Dana Internal Universitas Wiraraja Tahun 2023.
Pangesti. D. W., Widoanindyawati Vemi., Suroso., Supriyo., Marsudi., Pamungkas N. S., Setiawan. D. B., Kusumastuti D. R., (2022). Pendampingan Pembangunan Konstruksi Jembatan Beton Bertulang Sebagai Akses Ke Musholla Al Barokah Nyatnyono Ungaran Kabupaten Semarang. Bnagun Rekaprima: Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora. Vol. 08 No. 2, Oktober 2022. Politeknik Negeri Semarang. Semarang.
Undang-Undang No 28 Tahun 2002. Tentang Bangunan Gedung. Presiden Republik Indonesia. Jakarta.
Published
2024-02-05
Abstract viewed = 4 times
fulltext downloaded = 3 times