PELATIHAN PENGGUNAAN dan PENGOLAHAN DATA HASIL PENGUKURAN TOTAL STATION DI CV. INVESTAMA KARYA KONSULTAN

  • Ahmad Suwandi Universitas Wiraraja
  • Cholilul Chayati Universitas Wiraraja
  • Fauzi Helmi Universitas Wiraraja
Keywords: Pengukuran, Total Station, Pelatihan

Abstract

Total station merupakan alat ukur elektronik yang berasal dari pengembangan alat ukur theodolite, alat ini dilengkapi dengan pengukuran jarak dan sudut secara elektronik dengan bantuan reflector sebagai target dan pengganti bak ukur. Total Station merupakan alat yang menggabungkan secara elektronik antara teknologi theodolite dan teknologi electronic distance measurement (EDM). Pengukuran menggunakan Total Station sangatlah dibutuhkan dikarenakan kebutuhan data yang semakin detail mengharuskan kita dapat melakukan pekerjaan secara lebih efisien. Alat Total Station sangatlah baik dalam melakukan survey jika dibandingkan theodolite maupun waterpass baik dari segi kecepatan pengambilan data, ketepatan akurasi, dan kemudahan mengelola data. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di CV. Investama Karya Konsultan dibidang survei.  Kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta pelatihan. Dari hasil kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 63,6% peserta sudah memahami fungsi tombol yang ada pada Total Station dan 54,4% sudah cukup bisa melakukan pengukuran menggunakan alat Total Station.

References

Alat ukur Total Station, 2012, Jasa Sipi, dilihat 1 juni 2017, dari http://www.jasasipil.com/2012/12/total-station.html.
Fajriyanto, F, 2009, Pengukuran Dengan Total Station. Tangerang Selatan: Pembangunan Jaya.
Juradi M. I. (2022), Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Total Station Bagi Taruna-Taruni Jurusan Geologi Pertambangan SMK Penerbangan Techno Terapan Makasar, Madaniya Vol. 3 No. 1 (8-13), Sulawesi Selatan.
Kiptiah, M., Sulistyo, T., Achmad, K., Fatmawati, & Kartika, desak made ristia. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Pengajaran Geomatika Menggunakan Perangkat Simusurveyx dan Stake Out Guide di Program Keahlian Geospasial dan Geologi Pertambangan SMKN 1 Balikpapan. Abdimas Universal Vol. 4 No. 2 (320–326), Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur.
Slamet Basuki, 2006, Ilmu ukur tanah, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Soehardi F, Putri Lusi D & Winayatti (2023), Pelatihan Teknik Survey dan Pengolahan Data untuk Pemetaan Wilayah bagi Surveyor Muda, Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7 No. 3 (835-840), Universitas Lancang Kuning, Riau.
Soekarto, P. 2007. Dasar – dasar Pengukuran, UNY, Yogyakarta.
Suwandi A, Chayati C. (2023), Pelatihan Gambar 3D Menggunakan Software Sketchup Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Siswa Di SMKN 1 Kalianget, Jurnal Abdiraja Vol. 6 No. 2 (57-61), Universitas Wiraraja. Sumenep.
Wahyu, Tamtomo Adi. (2017). Penggunaan Total Station Dan Autocad Civil 3d Untuk Perencanaan Grading.
Winanti Elizabeth T, Kustini I, Wibisono R. E, Irianto D, Nusantara D. A. D & Aritonang N, (2022), Pelatihan Pengolahan Data Hasil Pengukuran Waterpass, Theodolit, Total Station Bagi Guru Teknik Konstruksi dan Properti SMK Wilayah Kabupaten Jombang & Sekitarnya, Jurnal Abadimas Adi Buana Vol. 5 No. 02 (242-252), Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya.
Published
2024-02-07
Abstract viewed = 5 times
fulltext downloaded = 1 times