Peran Perempuan Dalam Pengolahan Gula Siwalan Di Desa Jadung Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep

  • Ret Aini Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Tanaman Siwalan, Peran Perempuan, Produktivitas Perempuan

Abstract

Tanaman siwalan adalah komoditas yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi bagi petani. Tanaman ini dapat menghasilkan nira dengan cara memotong bunganya dan menampungnya pada suatu wadah. Umumnya nira diolah menjadi gula siwalan yang menjadi produk subtitusi gula pasir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran perempuan dan produktivitasnya dalam pengolah gula siwalan di Desa Jadung Kecamatan Dungkek. Metode penelitian secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengolahan gula siwalan sepenuhnya dilakukan oleh seorang perempuan mulai dari pembuatan laro, perlakuan nira, proses pengolahan, proses pencetakan gula dan sampai yang terahir yaitu pemasaran gula siwalan. Produktivitas perempuan dalam pengolahan gula siwalan perhari sebesar 14,660. Hasil produksi gula siwalan 22 kg perhari dengan proses pengolahan memakan waktu kurang lebih 9 jam.

References

Ahdiah, I. (2013). Peran Perempuan Dalam Masyarakat. JURNAL ACADEMICA Fisip Untad.5(12):1087-1092
Aryani, B. (2017). Peran Perempuan Dalam Membantu Ekonomi Keluarga. Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasih. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Badan Pusat Statistik, 2017. Sumenep Dalam Angka. Sumenep: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep
Habibah, T.U. (2017). Pengaruh Pengalaman Dan Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Imron, 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Kantor Pengadilan Tta Usaha Negara Di Kendari. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Halu Oleo Kendari
Lempang, M. 2012. Pohon Aren Dan Manfaat Produksiya.Jurnal Info Teknis Eboni. 09(01):37- 54.
Luhukay, J.M. 2010. Profil Wanita Pembuatan Gula Aren Sebagai Penafka Dalam Rumah Tangga.Jurnal Agreferestri. 05 (03):222-227
Luhukay, J.M. 2011. Profil Pengrajin Dan Kontribusi Dari Usaha Rumah Tangga Penglahan Gula Aren. Jurnal ilmiah agribisnis dan perikanan. 4(1):74-81
Mahendra, A.D. (2014). Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Jenis Kelamin,UsiaDan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.
Nasri, dkk. 2017. Ekologi Pemanfaatan Dan Sosial Budaya Lontar (Borassus Flabellifer Linn) Sebagai Flora Identitas Sulawesi Selatan. Jurnal Teknis Eboni. 14( 01): hal.35-46.
Published
2019-12-11