Preferensi Konsumen Terhadap Olahan Produk Pentol Tahu Di Desa Poja Kecamatan Gapura (Studi Kasus : Pentol Tahu Milik Bapak Sanin)

  • Bagus Dwi Hermawan Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Pelayanan, Rasa, Harga, Fasilitas Tempat dan Pentol Tahu

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) mempunyai peranan yang begitu penting pada pertumbuhan ekonomi suatu Negara, baik itu Negara berkembang maupun Negara maju. Pada saat terjadinya krisis moneter yang melanda Negara Indonesia, sektor UKM mampu memberikan dampak ketahanan yang baik terhadap pertumbuhan ekonomi Negara disamping sektor pertanian. Kemampuan UKM ini perlu dikembangkan dan diberdayakan secara terus menerus dengan cara mereduksi kendala yang dialami UKM, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lokasi penelitian dilaksanakan secara sengaja (purposive) yaitu di UKM pentol tahu milik bapak Sanin di Desa Poja Kecamatan Gapura, dengan pertimbangan didasarkan atas keberadaan dari agroindustri tersebut sebagai pilihan masyarakat dalam membeli produk pentol tahu dan cukup terkenal. Dengan menggunakan metode accidental sampling yaitu menemui setiap responden yang kebetulan ditemui pada saat penelitian dengan memenuhi syarat sebagai populasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut pelayanan mempunyai nilai chi square hitung sebesar 0,7 lebih kecil dari chi square tabel sebesar 5,9 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Atribut rasa mempunyai nilai chi square hitung sebesar 6,7 lebih besar dari chi square tabel sebesar 5,9 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Atribut harga mempunyai nilai chi square hitung sebesar 6,1 lebih besar dari chi square tabel sebesar 5,9 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan atribut fasilitas tempat mempunyai nilai chi square hitung sebesar 1,2 lebih kecil dari chi square tabel sebesar 7,8 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Adiyoga, W dan Nurmalinda. 2012. Analisis Konjon Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Kentang, Bawang Merah, dan Cabai Merah. J. Hort. 22(3):292-302
Anonim, 2016. Pengertian Agroindustri dan Ruang Lingkupnya
https://www.kanal.web.id/ pengertian-agroindustri- dan-ruang-lingkupnya.
Diakses pada tanggal 10 Februari 2019.
Dwiastuti, Rini dkk. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen.
Malang: Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan.
Ferrinadewi, Erna. 2005. Atribut Produk Yang
Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Jurnal
Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 7No.2: 139-151Hawkins D.I, Best R.J dan Coney
K.A. 2001. Consumer Behavior. 8th Ed. Von Hoffmann Press : United States
Indrasari, S.D dan Made Oka A. 2007. Preferensi
Konsumen Terhadap Beras Merah Sebagai Sumber Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan. Vol. 2 No. 2
Kautsar, Rosselina Cindy. 2012. Analisis Preferensi Konsumen Yoghurt My Healthy Di Dramaga Bogor (skripsi). Fakultas Ekonomi dan
Manajemen.IPB. Bogor.
https://www.kanal.web.id/
Nurmalasari, Devi. 2007. Analisis Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Daya Saing dan Preferensi Masyarakat dalam Berbelanja di Pasar Tradisional. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB. Bogor.
Pamungkas, Marta Catur dkk. 2014. Pengukuran Preferensi Konsumen Bakso. Jurnal Agrointek. Volume 8.
Nomor 1.
Pramotoko, Bayu. 2008. Manajemen
Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Lolita Krisnawati, editor. Jakarta (ID). PT. Ghalia Indonesia
Swastha, Basu dkk. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilau Konsumen. Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Wardana, Agus Surya. 2013.Preferensi Konsumen Terhadap Kripik Singkong Mentega Khas Manding Kecamatan MandigKabupaten Sumenep (skripsi).
Published
2019-12-11