Analisis Permintaan Telur Konsumsi di Pasar Anom Baru Kabupaten Sumenep

  • Mohammad Nizhamuddien Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • Isdiantoni Isdiantoni Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • Purwati Ratna Wahyuni Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Telur Konsumsi, Permintaan, Deskriptif, Regresi Linier Berganda

Abstract

Informasi mengenai keadaan pasar yang berkaitan dengan permintaan konsumen terhadap telur diperlukan oleh peternak dalam pengaturan produksi dan penjualannya. Tanpa adanya informasi maka perencanaan produksi dan penjualan akan meleset bahkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat permintaan telur konsumsi dan mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh terhadap permintaan telur konsumsi (khusus yang paling tinggi permintaannya) di Pasar Anom Baru Kabupaten Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di Pasar Anom Baru Kabupaten Sumenep dengan pertimbangan pasar tersebut adalah pasar terbesar di Kabupaten Sumenep. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan kelengkapan telur konsumsi yaitu telur ayam ras, ayam buras, itik dan puyuh pada setiap pedagang, selain mepunyai kelengkapan yang disebutkan diatas mereka juga merupakan penyuplai telur bagi pedagang eceran di Pasar Anom Kabupaten Sumenep. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama pendapatan, harga telur ayam ras, harga rata-rata telur konsumsi lain, anggota keluarga dan selera berbengaruh nyata terhadap permintaan teur ayam ras. Secara parsial harga telur ayam ras dan anggota keluarga berpengaruh nyata terhadap permintaan telur ayam ras. Sedangkan pendapatan, harga rata-rata telur konsumsi lain dan selera tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan telur ayam ras.

References

Adrian, A. S. 2017. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras Di Kecamatan Semarang Tengah. E-JOURNAL. Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Peternakan Dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang.
Andani, ANusril dan Witman. R. 2018. Kualitas Harga dan Permintaan Komoditas Pertanian di Provinsi Bengkulu. Juranal Ekonomi Pembangunan Indonesia. Vol. 17 No. 2. E-ISSN 2406-9280. http:// dx. doi. org/ 10.21002/jepi.v17i2.667.
Arief, H. S, 2011. Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Total Mikroba, Kadar Kolesterol dan Kualitas Interior Telur yang Disamak dengan Ekstrak Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifiola). Jurnal Blog. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang. http://doktorgrew. blogspot.com/2011/05/?m=1
Bandrang, T. N. 2015. Analisis Permintaan Telur Ayam Ras (Suatu Kasus di Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Kuala Pembuang Kalimantan Tengah). Mimbar Agribisnis, ISSN 2460- 4321. Volume 1 Nomor 1 Juli 2015.
Fadilah, R. dan Fatkhuroji, 2013. Memaksimalkan Produksi Ayam Ras Petelur. Agro Media Pustaka. E-book. https:// agromedia.net/memaksimalkan-produksi-ayam- ras-petelur.html?id.
Fausayana, I. dan Marwan, A. M. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Per-mintaan Telur Ayam Ras Di Kota Kendari Dan Hub ungannya Dengan Ke-berdayaan Peternak. E-JOU RNAL Peternakan Indonesia.
Fitri, Atik R. Dan Moei, Jossy P. Estimasi Fungsi Permintaan Pangan Dalam Analisa Divertifikasi Pangan Untuk Menurunkan Permintaan. UI Press. Depok.
Fitrini, Andri dan Yanti, A.N. 2006. Analisis Permintaan Telur Ayam Ras Di Kota Padang Dan Faktor Yang Mem- pengaruhinya. Jurnal Pe- ternakan Indonesia, ISSN: 1907- 1760. 11(2): 112- 122, 2006.
Gumelar, A. P. dan Agung, R, 2015. Kajian Penerapan Budidaya dan Pemasaran Itik (Studi Kasus pada Kelompok Ternak Itik Putri Mandiri di Kabupaten Karawang Jawa Barat). Jurnal Mimbar Agribisnis. ISSN 2460- 4321. Volume 1 nomor 1 Juli 2015.
Hastang, Veronica, S.L., dan Arie, P. 2011. Beberaa Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Permintaan Telur Ayam Ras oleh Konsumen di Pasar Pa’baeng-baeng Makassar. Jurnal Agribisnis. Vol 10(3): 1- 13.
Priatna, A. R. 2013. Macam Telur Konsumsi. Artikel dalam google. https:// www. google. com/amp/s/apeptea.woedpress.com/2013/06/29/macam-telur-konsumsi/amp/.iakses pada tanggal 12 Februari 2019.
Saputra, A. A, 2017. Analisis Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras Di Kecamatan Semarang Tengah. E-Juornal. Universitas Diponegoro. Semarang.
Utami, N. W, 2017. Barang Komplementer dan Barang Subtitusi, Apa Bedanya?. Artikel dalam google. https:// www.jurnal.id/id/blog/2017- ketahui-pengertian-barang- komplementer-dan-barang- substitusi/. (10 Februari 2019).
Virgantari, F, Afief, D, Harianto dan Sri, U. K. 2011. Analisis Permintaan Ikan di Indonesia: Pendekatan Model Quadratic Almost Ideal Demand System (QUAIDS). Jurnal Sosek KP. Vol. 6 No.2.
Published
2019-12-11