Potensi Tumbuhan Liar Sebagai Obat Tradisional Masyarakat di Kecamatan Bluto

  • Lisa Ismawati Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja
  • R. Amilia Destryana Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja
Keywords: Tumbuhan liar, obat tradisonal, kecamatan Bluto

Abstract

Tumbuhan liar merupakan  tumbuhan yang tumbuh di tempat yang tidak diinginkan atau di sekitar halama rumah. Tumbuhan liar ini biasanya dianggap hama oleh masyarakat setempat, namun ada beberapa tumbuhan liar yang memang berpotensi sebagai obat tradisional. Masyarakat Kecamatan Bluto mempunyai interaksi yang sangat kental dengan alam dan lingkungan sekitar sehingga dapat mewarisi budaya pengobatan dari tumbuhan liar secara turun-temurun dari nenek moyang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi tumbuhan liar sebagai obat tradisional kecamatan Bluto. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif  yang dilakukan dengan metode observasi dan wawancara  Penelitian ini menggunakan metode survei eksploratif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjuukan terdapat beberapa tumbuhan liar yang berpotensi sebagai obat tradisonal di kecamatan Bluto. Jenis tumbuhan tersebut adalah da’bung ,lamtoro, bunga teleng, mimba, gher-ogher, telpo’, labu cena dan kaju jaran. Bagian tumbuhan yang sering dijadikan obat yaitu daun, selain itu yang dapat digunakan yaitu akar, buah atau seluruh bagian tumbuhan dapat digunakan sebagai obat.

References

Abdullah, M., Mustikaningtyas, D., & Widiatningrum T. 2010. Inventarisasi Jenis-Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Hutan Hujan Dataran Rendah Desa Nyamplung Pulau Karimunjawa. Biosaintifi ka. 2(2). 75-81.
Kandowangko, N. Y., Solang, M., & Ahmad, J. 2011. Kajian Etnobotani Tanaman Obat Oleh Masyarakat Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo. Jurusan Biologi FMIPA UNG.
Masfiyah, E,. Karindah, S., & Puspitarini, R. D., 2014. Asosiasi Serangga Predator Dan Parasitoid Dengan Beberapa Jenis Tumbuhan Liar Di Ekosistem Sawah. Jurnal HPT. 2(2).
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep. 2017 .Sumenep Dalam Angka. Diakses melalui https://2sumenepkab.bps.co.id. Pada tanggal 23 Agustus 2018.
Adawiyah, R. 2013. Jenis-Jenis Tumbuhan Berkayu Dan Pemanfaatannyaoleh Suku Madura Di Pulau Gili Ketapang Probolinggo. Skripsi. Jurusan Biologi UNEJ.
Majid, T. S. & Muchtadiri, M. 2018. Aktivitas Farmakologi Ekstrak Daun Katuk (Saoropus Androgynus (L.) Merr). Farmaka. Universitas Padjadjaran. 16(2).
Marliana, E. & Saleh, C. 2011. Uji Fitokimia dan Aktivitas Anti Bakteri Ekstrak Kasar Etanol, Fraksi n-Heksana, Etil Asetat dan Metanol Buah Labu Air (Lagenaria siceraria (Molina) Standl), Journal Kimia Mulawarman, 8(2).
Published
2019-12-10