STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK PISANG PRIGI JAYA DI DESA BATUAN KECAMATAN BATUAN KABUPATEN SUMENEP

  • Nurul Fajriyah Universitas Wiraraja Madura
  • Ribut Santosa Universitas Wiraraja Madura
  • Amir Hamzah Universitas Wiraraja Madura
Keywords: Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Keripik Pisang

Abstract

Keripik pisang yang sering dijadikan cemilan maupun suguhan untuk para tamu yang bertamu ke rumah, keripik ini menggunakan pisang sebagai bahan baku utamanya. Keripik pisang merupakan produk olahan pisang mentah yang diiris tipis menggunakan alat pengiris, lalu digoreng, dan dikemas untuk dijual ke konsumen. Oleh karena itu perlu adanya strategi pengembangan usaha untuk mengembangkan usaha keripik pisang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor internal serta faktor eksternal dan strategi pengembangan usaha keripik pisang Prigi Jaya di Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di usaha keripik pisang Prigi Jaya di Desa Batuan Kabupaten Sumenep dengan pertimbangan paling lama berdiri di Desa Batuan dengan menggunakan Analisis Faktor Internal dan Eksternal dan Analisis SWOT. Hasil analisis SWOT yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat kekuatan dan kelemahan pada faktor internal sedangkan pada faktor eksternal terdapat peluang dan ancaman dan posisi keripik pisang Prigi Jaya di Batuan ada kuadran I yaitu Agresif, strategi yang dikembangkan yaitu SO Meningakatan volume produksi Meningkatkan kualitas produk, Melakukan promosi yang menarik.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep. (2020). Kabupaten Sumenep Dalam Angka Tahun 2020, Sumenep: BPS Kabupaten Sumenep.
Ferrel & Harline, (2005). Analisis Strategi Pelayanan Outlet.
Naton. S., Radiansah,. D. & Juniansyah, H. (2020). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha Pengelolahan Pisang pada UMKM Keripik Tiga Bujangan di Kota Pontianak. JSEP. 16(2).
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.
Pangemanan, P. A. & Pakasi, C. B. (2017). Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe. AGRI-SOSIOEKONOMI, 13(2A), 83-90.
Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti, F (2016). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cara perhitungan Bobot, Ranting, dan OCAI). Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rawi, R. D. P., Lewenussa, R., & Karmila, K. (2019). Pelatihan Pembuatan Keripik Pisang Sebagai Sarana Peluang Bisnis Dan Krearifitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 1(2), 24-30.
Sakinah, S. & Tangkesalu, D. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Pada Industri “Flamboyan” Di Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli Kota Palu. AGROTEKBIS: E-JURNAL ILMU PERTANIAN, 6(3), 371-378.
Setiawati, I., Rochdiani, D., & Sudrajat, S. (2017). Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Pisang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 3(1), 103-109.
Simin, I. (2014). Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Sofie di Kota Palu, Agrotekbis, 2(5).
Syarwal, S., Dirgantoro, M. a., & Gafaruddin, A. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Jl. A (Jurnal Ilmiah Agribisnis): Jurnal Agribisnis dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 3(3), 69-73.
Tim Mitra Agro Sejati, (2017). Budi Daya Pisang. CV PUSTAKA BENGAWAN. Ipusnas.
Universitas Wiraraja. 2020. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Wiraraja: Badan Penerbit Fakultas Pertanian Universtas Wiraraja.
Published
2023-02-16
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 27 times