PENGEMBANGAN BRAND IMAGE PRODUK VCO DAN DIVERSIFIKASINYA SEBAGAI PRODUK UNGGULAN TRENGGALEK

  • L. Tri Lestari Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Musriha Musriha Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Rifki Fahrial Zainal Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Liza Yudistira Universitas Hang Tuah Surabaya
Keywords: Brand, “Health and Care”, Chang Kring, Trenggalek

Abstract

Target pertumbuhan ekonomi pemerintah Propinsi Jawa Timur dalam RPJMPD Propinsi Jawa Timur sebesar 5.6 % pertahun perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Trenggalek serta  peran serta masyarakat secara aktif.  Kabupaten Trenggalek, yang memiliki daerah pesisir terpanjang di lingkungan Kabupaten Selatan Jawa Timur  memiliki potensi besar buah kelapa sebagai bahan baku produksi VCO berikut diversifikasinya untuk aneka Produk “Healt and Care”, dengan branding produk berbagai “Local Wisdom” untuk dapat menjadi produk unggulan yang mampu bersaing di pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan branding produk VCO dan diversifikasinya berupa aneka produk “Health and Care”  dengan Brand Name produk “Chang Kring’, sebagai produk unggulan daerah Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu dimulai dari need assesment berikut dengan identifikasi branding produk yang diperlukan untuk dapat diterima di pasar sesuai dengan target pasar yang ditentukan, dilanjutkan dengan perancangan desain branding berikut dengan pengembangan berbagai elemen branding yang diperlukan. Hasil pengabdian adalah branding aneka produk “Health and Care” natural berbahan baku VCO, dengan Brand Name “Chang Kring” sebagai ciri khas brand berbasis local wisdom budaya yang berkembang di lingkungan Kabupaten Trenggalek, dengan target pasar nasional melalui pemasaran on-line maupun off-line dengan berbagai elemen brand image produk khas Trenggalek

References

Kotler Philip (2000), Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International, Inc,
Kotler,Phillip & Amstrong, Gary (1996), Principles of Marketing.Prentice Hall.Inc
Markplus Institute of Marketing (2009), Brand Operation, Jakarta : Erlangga ISSN: 23389176 Channel, Vol. 5, No. 1, April 2017, hal. 14-26 Diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksistensi Produk).
Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook - Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldana - Google Buku. Retrieved from https://books.google.co.id/ books? id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=on epage&q&f=false.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif / Lexy J. Moleong. Ramaja
https://trenggalekkab.go.id/article/halaman/sekilas-trenggalek
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times