PENGUATAN POTENSI LOKAL DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KARANGSEMBUNG DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Novel Adryan Purnomo Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Fitriana Kurnia Wati Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Sukma Dinda Cahyaningtyas Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Rufaidah Fajriati Andini Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Mutia Nabila Nurminnandha Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Lugtyandini Wahyunindyah Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Mahmut Tri Harjanto Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Prilliyanti Adhy Permani Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Suci Vaida Himmatul Baroroh Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Nasyabila Amelia Wahyudi Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Argyo Demartoto Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Keywords: potensi lokal, pengabdian, pandemi

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada aspek-aspek penting dari kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang terdampak adalah ekonomi masyarakat. Kesempatan untuk bekerja seperti biasa menjadi turun, akibatnya pendapatan masyarakat juga menurun. Diperlukan upaya pemulihan ekonomi yang tepat agar tercapai kestabilan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Desa Karangsembung, Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologis. Desa Karangsembung memiliki potensi ekonomi peternakan lele yang dikelola oleh kelompok masyarakat yang tinggal di sana. Masa pandemi Covid-19 mengakibatkan masyarakat di desa tersebut menjadi tidak dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal. Sehingga perlu strategi yang tepat untuk membangkitkan sektor ekonomi masyarakat. Salah satu strateginya adalah dengan penguatan potensi lokal. Optimalisasi potensi lokal dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mudah untuk dilaksanakan. Optimalisasi ini dilaksanakan melalui diversifikasi hasil panen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perekonomian masyarakat dengan diversifikasi hasil panen dalam bentuk kripik lele. Upaya ini sejalan dengan keterbatasan masyarakat di masa pandemi Covid-19 dari kebijakan pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Peningkatan perekonomian ini memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19

References

Crab, R., Bossier, P., Y, A., T, D., & W, V. 2007. Nitrogen Removal Techniques in Aquaculture for Sustainable Production. Aquaculture.
Darmansyah, A., Sulistiono, Nugroho , T., & Supriyono, E. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan Lele di Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Jurnal Agrokreatif IPB, 8-16.
Milles, & Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Fatchiya A. 2010. Pola Pengembangan Kapasitas Pembudidaya Ikan Kolam Air Tawar Di Provinsi Jawa Barat. [disertasi]. Bogor (ID) Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.
O’Brien D. 2001. Integrating Corporate Socia Responsibility Competitive Strategy J. Georgia (GE): mack robinson Collage of Business, Georgia State University
Slamet M. 2003. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor (ID): IPB Press.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 1 times